Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Al-Qur’an Surah Al-Hujurat Ayat 6-13

Anidah, Anidah (2021) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Al-Qur’an Surah Al-Hujurat Ayat 6-13. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100159.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Al-Qur’an adalah pedoman hidup bagi ummat manusia, namun sekarang melihat fenomena yang terjadi pada kehidupan manusia pada zaman sekarang ini sudah jauh dari nilai-nilai Al-Qur’an, hal ini dapat dilihat dari berbagai peristiwa yang terjadi, yang menunjukkan penyimpangan terhadap nilai-nilai yang terdapat di dalamnya. Surah Al-Hujurat ayat 6-13 memiliki makna tentang pendidikan akhlak yang sangat dalam, setiap ayat disebutkan didalam Al-Qur’an mempunyai makna-makna dan nilai-nilai yang berarti, nilai-nilai yang terkandung adalah sebagai pembelajaran dan pendidikan bagi kehidupan ummat manusia khususnya mengenai makna ayat 11 sampai 13 merupakan masalah yang banyak terjadi dan tetap aktual di dalam masyarakat dan kehidupan bermasyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Apa saja yang terkandung dalam surah Al-Hujurat ayat 6-13? Dan Bagaimana Kontekstualisasi nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam surah al-hujurat ayat 6-13 dalam pendidikan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak apa saja yang terkandung dalam Al Qur’an surah Al-Hujurat ayat 6-13 dan untuk mengetahui bagaimana kontekstualisasi nilia-nilai pendidikan akhlak dalam Al-Qur’an surah Al-Hujurat ayat 6-13 dalam pendidikan. Adapun penelitian ini library research, dengan metode tafsir Tahlily, yaitu. menganalisis masalah yang akan dibahas dengan mengumpulkan data-data kepustakaan, pendapat para mufassir, dan mendeskripsikan pendapat para mufassir. Sumber data adalah buku-buku utamanya tafsir dan buku-buku yang relevan dengan tema penelitian ini. Setelah dilakukan penelitian ini, maka ditemukan nilai-nilai pendidikan Akhlak, 1) Nilai Pendidikan Akhlak keimanan, Nilai Pendidikan Akhlak Kebenaran, Nilai Pendidikan Akhlak Perdamaian, Nilai Pendidikan akhlak Keadilan, Nilai Pendidikan Akhlak Persaudaraan, Nilai Pendidikan Akhlak Ketaqwaan, Nilai Pendidikan Akhlak Saling Kenal Mengenal, Larangan Persengketaan, Larangan Menghina, Larangan Mencela Diri Sendiri, Larangan Memanggil Dengan Panggilan Buruk, Larangan Buruk Sangka, Larangan Mencari Kesalahan Orang Lain Dan Larangan Menggunjing. Dan kontekstualisasi nilai nilai pendidikan akhlak merupakan salah satu jawaban dan strategi pendidikan untuk memperbaiki kemerosotan akhlak, sehingga dapat menciptakan kepribadian manusia yang berakhlak mulia sesuai syariat dan tuntunan ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Nurfin Sihotang, MA., Ph.D dan Muhammad Yusuf Pulungan, S.Ag., M.A
Keywords: Nilai; Pendidikan akhlak; Al-Quran; Al-Hujurat
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 17 Feb 2022 02:08
Last Modified: 17 Feb 2022 02:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7629

Actions (login required)

View Item View Item