Harahap, Nurintan (2021) Pengaruh kreativitas dan inovasi terhadap citra produk kain tenun Sipirok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1740200048.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan fenomena yang ada dimana Kreativitas dan inovasi dapat menjadi faktor-faktor yang mempengaruhi citra produk kain tenun Sipirok. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagian para pengrajin kurang kreatif dalam proses produksi kain tenun dan inovasi para pengrajin masih kurang mampu dalam membuat desain, motif yang unik dan menciptakan bentuk, pola yang berbeda dari sebelumya sehingga citra produk atau kesan dari para pengguna kain tenun Sipirok merasa bosan dengan produk yang sudah ada. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh secara simultan antara kreativitas dan inovasi terhadap citra produk kain tenun Sipirok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Kreativitas dan Inovasi terhadap Citra Produk Kain Tenun Sipirok Penelitian ini berkaitan dengan manajemen bisnis. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan citra produk yang meliputi kreativitas dan inovasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan model analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan sebanyak 32 responden yang diambil dari pengrajin tenun kain Sipirok yang berada di wilayah Desa Situmba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, angket dan dokumentasi, kemudian analisis dengan menggunakan alat bantu statistik SPSS versi 25. Uji instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara simultan (uji F) dan uji statistik secara parsial (uji t) Hasil analisis dalam penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel kreativitas diperoleh thitung>ttabel (2,302>1,699), maka terdapat pengaruh terhadap Citra Produk. Secara parsial variabel Inovasi diperoleh thitung>ttabel (4,668>1,699), maka terdapat pengaruh Inovasi terhadap Citra Produk. Secara simultan kreativitas dan inovasi menunjukkan bahwa nilai Fhitung>Ftabel (21,105>2,50), artinya terdapat pengaruh kreativitas dan inovasi terhadap citra produk kain tenun Sipirok. Dengan R Square sebesar 0,593 atau 59,3% sisanya sebesar 0,407 atau (40,7%) dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa, ST, MM dan Sry Lestari, M.E.I |
Keywords: | Kreativitas; Inovasi; Citra produk |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 01:42 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 01:42 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7624 |
Actions (login required)
View Item |