Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pengembangan usaha batu bata di Kelurahan Silandit

Lestari, Annisa Dewi (2021) Strategi pengembangan usaha batu bata di Kelurahan Silandit. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200094.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Seiring berkembangnya kemajuan pada bagian arsitektur, kemunculan material baru seperti gypsum menjadikan penggunaan batu bata menurun. Penjualan batu bata di Kelurahan Silandit pada setiap tahunnya tidak mengalami perkembangan. Hal ini dapat dilihat dari menetapnya jumlah produksi setiap bulannya tanpa ada peningkatan. Pengusaha batu bata di Kelurahan Silandit dituntut untuk mengetahui serta menganalisis kondisi faktor-faktor internal dan eksternal usaha. Hal tersebut penting dilakukan agar dapat menciptakan strategi alternatif dalam mengembangkan usaha batu bata di Kelurahan Silandit. Teori-teori yang dipakai dalam penelitian ini berkaitan dengan manajemen strategi. Strategi adalah upaya dalam mengarahkan perusahaan agar misi perusahaan terwujud. Pengembangan usaha merupakan upaya dalam proses persiapan tentang kesempatan pertumbuhan usaha. Strategi pengembangan usaha dalam perspektif islam lebih menekankan prinsip-prinsip bisnis secara islam yaitu customer oriented, transparansi, bersaing secara sehat dan bersikap adil. Lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang meliputi sumber daya alam, sumber daya manusia, permodalan, pemasaran dan teknologi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pihak pengusaha batu bata yang berada di Kelurahan Silandit. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa hasil wawancara dengan para informan serta data sekunder. Teknik analisis data pada penelitian ini ialah analisis matriks IFE, matriks EFE, dan matriks SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan kondisi sumber daya alam pada usaha batu bata di Kelurahan Slandit cukup tersedia, kondisi sumber daya manusia cukup tersedia, modal yang dipakai tergolong cukup tinggi dan daerah pemasaran usaha batu bata cukup luas sedangkan teknologi yang digunakan kurang memadai. Strategi yang dipakai oleh pihak pengusaha batu bata di Kelurahan Silandit adalah strategi yang dimana pihak pengusaha batu bata menawarkan harga produk batu bata dengan harga yang terjangkau, kualitas yang awet serta menyediakan sarana transportasi pengangkut. Berdasarkan analisis SWOT alternatif strategi usaha batu bata Kelurahan Silandit adalah strategi S-O yaitu memberikan inovasi yang baru terhadap produk serta memaksimalkan proses produksi batu bata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, SHI, M.Si dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd
Keywords: Analisis SWOT; Pengembangan usaha; Strategi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 10 Feb 2022 09:08
Last Modified: 10 Feb 2022 09:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7613

Actions (login required)

View Item View Item