Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Metode orang tua dalam membimbing anak melaksanakan pembelajaran online di rumah pada masa pandemi Covid 19 di Desa Pasar Hutabargot Kecamatan Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal

Maslika, Maslika (2021) Metode orang tua dalam membimbing anak melaksanakan pembelajaran online di rumah pada masa pandemi Covid 19 di Desa Pasar Hutabargot Kecamatan Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100175.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah adalah sebelum terjadi covid 19 pembelajaran tatap muka dilakukan oleh guru dengan berbagai metode yang digunakan guru agar pembelajaran dapat terlaksana dan mencapai tujuan pembelajaran. Akan tetapi setelah terjadi covid 19 pembelajaran dilakukan dengan online/daring/jarah jauh atau pembelajaran dari rumah. Dalam hal ini yang memberi pengawasan terhadap terlaksananya pembelajaran anak adalah orang tua. Bagaimana metode yang digunakan orang tua dalam membimbing anak agar pembelajaran online/daring tersebut dapat terlaksana dengan baik walaupun pembelajaran dilakukan dari rumah. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah apa saja metode yang digunakan orang tua dalam membimbing anak melaksanakan pembelajaran online di rumah pada masa pandemi covid 19 di Desa Pasar Hutabargot Kecamatan Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal. Apa sajakah dampak pembelajaran online dan proses pembelajaran online pada anak selama pandemi covid 19 di Desa Pasar Hutabargot Kecamatan Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal. Apa saja kendala yang dihadapi orang tua dan cara mengatasinya dalam membimbing anak melaksanakan pembelajaran online di rumah pada masa pandemi covid 19 di Desa Pasar Hutabargot Kecamatan Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian dengan menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan kejadian yang terjadi dilapangan yang sekarang berdasarkan data-data. Subjek penelitian orang tua sebagai data primer, sedangkan data skunder subjek penelitiannya adalah anak dan kepala desa, yang berkaitan dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data adalah dilakukan dengan cara observasi dan wawancara secara langsung di lapangan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini iyalah dengan penyusunan data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: metode yang paling digunakan orang tua dalam melaksanakan pembelajaran online di rumah pada masa pandemi covid 19 adalah yang pertama metode orang tua yaitu dengan menggunakan metode keteladanan, metode pembiasaan, metode pengawasan dan perhatian, metode cerita, dan yang terakhir iyalah metode hukuman dan ganjaran. Dan dimana dalam kelima metode yang paling tepat digunakan orang tua dalam mendidik, menyampaikan, dan membimbing anak pada saat melaksanakan pembelajaran. Dan yang kedus dampak pembelajaran online yaitu dengan faktor-faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran daraing menurut orang tua, faktor-faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran daraing menurut anak, dampak positif adanya pembelajaran online bagi orang tua, dan dampak negatif adanya pembelajaran online bagi anak. Dan yang ketiga kendala orang tua dalam melaksanakan pembelajaran online iyalah salah satunya kendala orang tua dalam proses pembelajaran online iyalah kendala pembagian waktu dan kuota internet.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag. dan Dra. Rosimah Lubis, M.Pd
Keywords: Metode orang tua; Pembelajaran online; Pandemi; Covid-19
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 08 Feb 2022 08:32
Last Modified: 08 Feb 2022 08:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7610

Actions (login required)

View Item View Item