Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) pada mata pelajaran matematika untuk materi peluang di kelas VIII M.Ts. Negeri 2 Padang Lawas Utara

Amina, Astri Dwi (2021) Peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) pada mata pelajaran matematika untuk materi peluang di kelas VIII M.Ts. Negeri 2 Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200091.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari wawancara dengan salah satu guru bidang studi Matematika di M.Ts Negeri 2 Padang Lawas Utara yang mengungkapkan bahwa hasil belajar siswa yang masih rendah dan belum mencapai nilai KKM, yaitu 70 dikarenakan masih banyak siswa yang kurang paham dalam menjawab soal yang diberikan oleh guru. Dalam kegiatan pembelajaran, ketika guru menerangkan dan bertanya apakah siswa sudah memahami pelajaran, siswa hanya diam sehingga sulit mengetahui apakah mereka sudah faham dengan materi yang diajarkan atau belum. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah dengan diterapkannya model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan Kreativitas dan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika untuk materi Peluang di kelas VIII M.Ts. Negeri 2 Padang Lawas Utara. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan Kreativitas dan Hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Matematika untuk materi Peluang di kelas VIII M.Ts. Negeri 2 Padang Lawas Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara berdaur atau siklus. Dalam penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Instrumen yang dilakukan adalag observasi, angket dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII M.Ts. Negeri 2 Padang Lawas Utara yang berjumlah 32 siswa. Setelah penelitian ini dilakukan, diperoleh angket kreativitas awal dengan jumlah 5 siswa yang kreatif atau 15, 62% dan hasil tes belajar siswa 28, 13%. Hasil tes dari Siklus I diperoleh 53, 13% dan angket kreativitas Siswa yaitu dengan jumlah 20 siswa yang kreatif atau 62, 5%. Pada Siklus II diperoleh hasil tes siswa yang lulus berjumlah 26 atau 81, 25% dan angket kreativitas siswa yaitu 75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas dan hasil belajar siswa meningkat pada tiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika untuk materi Peluang di kelas VIII M.Ts Negeri 2 Padang Lawas Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Suparni, S.Si, M.Pd dan Dr. Lelya Hilda, M.Si.
Keywords: Model pembelajaran; Pembalajaran kooperatif; Tipe teams games tournament; TGT; Kreativitas; Hasil belajar; Peluang
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 08 Feb 2022 08:28
Last Modified: 08 Feb 2022 08:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7609

Actions (login required)

View Item View Item