Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan model teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung perkalian di kelas IV SDN 100303 Pargarutan

Mtd, Defriana Mangara (2021) Penggunaan model teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung perkalian di kelas IV SDN 100303 Pargarutan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500121.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang masalah penelitian ini adalah persentase hasil belajar siswa belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah pada materi pembelajaran matematika materi Operasi Hitung Perkalian di kelas IV SDN 100303 Pargarutan. Penyebabnya adalah siswa beranggapan bahwa pembelajaran matematika itu pembelajaran yang sulit dan membosankan, kurangnya interaksi antara siswa dan guru yang menyebabkan siswa pasif, dan kurang paham dalam mengerjakan soal materi operasi hitung perkalian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika materi operasi hitung perkalian siswa kelas IV SDN 100303 Pargarutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan Teams Games Tournament pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung perkalian siswa kelas IV SDN 100303 Pargarutan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan-tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 100303 Pargarutan yang berjumlah 14 siswa yang terdiri dari 8 laki-laki 6 perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang di gunakan pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila nilai rata-rata dan persentase ketuntasan telah tercapai sesuai yang ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar pada siswa pada pembelajaran matematika setiap siklus meningkat. Pada tes awal nilai rata-rata siswa yaitu 50,62 (25%), kemudian pada siklus I nilai rata-rata siswa dari 56,85 (37,5%) , pada siklus II dari 71,85 (68,75%) menjadi 76,25 (81,25%). Selain itu data yang didapatkan dari hasil observasi yang dilakukan sebelum diberikan tindakan awalnya siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dimana masih didominasi oleh guru, tetapi setelah dilakukannya tindakan dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament siswa sudah lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran baik itu bertanya, mengerjakan soal, berpartisipasi dalam kelompok dan bermain game.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Mariam Nasution, M.Pd.
Keywords: Model teams games tournament; Hasil belajar; Pembelajaran matematika; Operasi hitung perkalian
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 04 Feb 2022 01:59
Last Modified: 04 Feb 2022 01:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7601

Actions (login required)

View Item View Item