Harahap, Lanni Ari (2021) Pengaruh merek dan promosi terhadap keputusan pembelian mesin cuci di Gunung Tua Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1740200247.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Pada umumnya masyarakat saat ini membutuhkan mesin cuci sebagai sarana untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satu merek mesin cuci yang terkenal adalah LG, dimana masyarakat di Gunung Tua lebih memutuskan untuk membeli mesin cuci merek LG dibanding merek lainnya yang menyediakan fitur yang relatif sama. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh merek dan promosi terhadap keputusan pembelian mesin cuci di Gunung Tua Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh merek dan promosi terhadap keputusan pembelian mesin cuci di Gunung Tua Kabupaten Padang Lawas Utara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang berkaitan dalam bidang menajemen pemasaran seperti pengertian keputusan pembelian, perilaku konsumen, faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, pengertian merek, manfaat merek, strategi membangun merek efektif, pengertian promosi, tujuan promosi, promosi menurut perspektif Islam, faktor-faktor yang mempengaruhi bauran promosi, dan strategi promosi. Kemudian hubungan merek dengan keputusan pembelian dan hubungan promosi dengan keputusan pembelian Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan jumlah sampel 77 responden. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 25. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji regresi linear berganda. Hasil dari penelitian secara parsial (uji t) untuk variabel merek memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian mesin cuci. Variabel promosi memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian mesin cuci. Dan secara simultan variabel merek dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian mesin cuci, dengan uji R square sebesar 0,733 atau 73,3% yang artinya bahwa keputusan pembelian dipengeruhi oleh merek dan promosi sebesar 73,3% sedangkan sisanya 26,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang peneliti tidak cantumkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Kamaluddin, M.Ag dan Muhammad Wandisyah R Hutagalung, M.E |
Keywords: | Merek; Promosi; Keputusan pembelian |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 04 Feb 2022 01:23 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 01:23 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7597 |
Actions (login required)
View Item |