Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Metode debat dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 100303 Pargarutan

Daulay, Ulfa Damayanti (2021) Metode debat dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 100303 Pargarutan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500115.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Saat belajar materi tersebut siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal. Oleh karena itu perlu dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Untuk mengatasi permasalahan ini peneliti menggunakan metode pembelajaran debat. Metode pembelajaran debat diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode pembelajaran debat dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 100303? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing terdiri dari empat kegiatan utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 100303 Pargarutan yang berjumlah 19 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi kegiatan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada mata pelajaran IPS melalui metode debat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dimana rata-rata tes pada setiap pertemuan meningkat. Pada tes awal (pretest) dengan nilai rata-rata 50,00. Tes siklus I pertemuan 1 yaitu 64. Pada siklus I pertemuan 2 yaitu 71,35. Selanjutnya siklus II pertemuan 1 yaitu 73,15. Dan siklus II pertemuan 2 yaitu 79,21. Dengan demikian hipotesis penelitian ini yang menyatakan “dengan menggunakan metode pembelajaran debat, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN 100303 Pargarutan”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Anhar, MA dan H. Nurfin Sihotang, MA., Ph.D
Keywords: Prestasi belajar; Metode debat; Usaha ekonomi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:14
Last Modified: 03 Feb 2022 04:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7595

Actions (login required)

View Item View Item