Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran guru dalam pemanfaatan media gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 200107 Padangsidimpuan

Lubis, Rika Syartika (2021) Peran guru dalam pemanfaatan media gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 200107 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500133.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah siswa tidak bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran karena proses pembelajaran yang sangat monoton lebih berpusat kepada guru, sehingga memberikan perasaan jenuh dan bosan terhadap siswa. Oleh sebab itu guru perlu menggunakan media gambar untuk menjembatani kesenjangan materi dalam pembelajaran Jadi, peneliti mendapat dorongan untuk melakukan penelitian guna mengatahui apa saja peran yang dilaksanakan guru kelas V di SD 200107 dalam pemanfaatan media gambar. Rumusan masalah ini adalah Bagaimana peran guru dalam pemanfaatan media gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 200107 Padangsidimpuan? Bagaimana cara memanfaatkan media gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 200107 Padangsidimpuan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam pemanfaatan media gambar di SD 200107 Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Pemeriksaan data menggunakan tragulasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah pengumpulan data, redukasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Responden dalam penelitian ini adalah guru kelas V, siswa kelas V dan kepala sekolah SD Negeri 200107. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas V sudah menjalankan perannya sebagai motivator, pendidik, dan fasilitator namun belum optimal pada perannya sebagai fasilitator karena guru memfasilitasi media yang sangat sederhana dalam memanfaatkan media gambar dalam proses pembelajaran pada materi iklan media cetak. Cara siswa memanfaatkan media gambar yaitu : Menjadikan media gambar sebagai alat bantu dalam memahami materi pelajaran, Mengamati media gambar, Menjelaskan media gambar. Cara guru memanfaatkan media gambar yaitu: Melakukan persiapan dalam memanfatkan media gambar, pemilihan media gambar harus sesuai terhadap materi, kecermatan guru dalam penjelasan materi dengan media gambar, dan melibatkan siswa untuk memanfaatkan media gambar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, MA dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Peran guru; Pemanfaatan media gambar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 27 Jan 2022 08:33
Last Modified: 27 Jan 2022 08:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7564

Actions (login required)

View Item View Item