Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektivitas pembelajaran daring pada masa Covid-19 di SD Negeri 200515 Perumnas Pijorkoling Kecamatan Padangsdimpuan Tenggara

Triani, Lilis (2021) Efektivitas pembelajaran daring pada masa Covid-19 di SD Negeri 200515 Perumnas Pijorkoling Kecamatan Padangsdimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar penelitian ini adalah perkembangan teknologi informasi komunikasi dalam dunia pendidikan saat ini sangat berkembang pesat. Salah satu teknologi informasi yang ikut berperan dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran daring. Pembelajaran daring berfungsi sebagai penghubung antar pendidik dengan siswanya dengan jaringan internet yang dapat diakses kapan saja dan dimanasaja. Padamasa Covid-19 saat ini pembelajaran daring cukup penting untuk digunakan agar pelaksanaan pembelajaran tetap berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring pada masa Covid-19 di SD Negeri 200515 Perumnas Pijorkoling KecamatanPadangsidimpuan Tenggara. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan informan penelitian yang dipilih berjumlah 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa saat masa covid-19 cukup efektif meskipun ada hal-hal yang harus ditingkatkan saat pembelajaran daring yaitu beberapa siswa ada yang belum memiliki handphone android untuk belajar. Hal ini dilihat dari tujuh indicator efektif yaitu Pengorganisasian Materi yang Baik, guru mampu mengelola pembelajaran sehingga aktivitas proses belajar siswa mencapai tujuan pembelajaran yang baik, Komunikasi yang Efektif, dapat menyampaikan materi dengan bahasa yang mudah dimengerti dan disesuaikan dengan situasi atau kondisi di kelas. Penguasaan dan Antusiasme Materi Pelajaran bahwa peserta didik mampu menggunakan pembelajaran online, lebih praktis. Sikap Positif Terhadap Siswanya bahwa karena bisa belajar dari rumah, dengan ditemani keluarga. Walaupun mucul sikap bosan ingin bertemu dengan temen kelasnya. Pemberian nilai yang adil memberikan nilai sesuai dengan apa yang peserta didik kerjakan (kriteria penilian) Kelu wesan dalam Pendekatan Pembelajaran selalu memberikan motivasi. Hasil belajar siswa yang baik guru mengevaluasi kembali pembelajaran dan melakukan penilain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, MA dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Efektivitas; Pembelajaran daring
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 26 Jan 2022 08:27
Last Modified: 26 Jan 2022 08:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7555

Actions (login required)

View Item View Item