Wardiah, Wardiah (2021) Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan metode pembelajaran daring di SMP Negeri se-Kota Sibolga. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1923100292.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Proses pembelajaran pendidikan agama Islam yang dilaksanakan pada masa pandemi covid-19 ini banyak memunculkan problema. Diharapkan guru pendidikan agama Islam memiliki kompetensi pedagogik. Guru pendidikan agama Islam harus mampu menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi, walaupun proses pembelajaran jarak jauh. Kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi sebagai fokus masalah pada penelitian ini yang yang dilakukan di SMP Negeri Se-Kota Sibolga. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran yang sering diterapkan oleh guru pendidikan agama Islam, kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi dan faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi di SMP Negeri Se-Kota Sibolga. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data pada penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil temuan penelitian dapat dikemukakan bahwa: metode yang sering diterapkan guru Pendidikan Agama Islam yaitu: metode ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, metode demontrasi, dengan menggunakan audio visual, aplikasi yang zoom, google classroom, massanger, whatsApp. Kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi di SMP Negeri Se-Kota Sibolga; melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan menerapkan metode yang bervariasi sesuai dengan yang ada di rencana pelaksanaan pembelajaran, menggunakan media audio visual. Penilaian dengan tiga aspek yang dinilai afektif, kognitif dan keterampilan. Faktor pendukung yaitu kemampuan guru dan siswa menggunakan media pembelajaran dan ketersediaan alat media pembelajaran guru dan siswa dan ketersediaan paket dari kemmendikbud dan dari sekolah. Faktor penghambat yaitu sinyal yang belum merata, terbatasnya ketersediaan alat media belajar siswa, respon dari siswa yang kurang baik (minat belajar rendah).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erawadi, M. Ag. dan Dr. Hamdan Hasibuan , M.Pd. |
Keywords: | Guru Pendidikan Agama Islam; kompetensi pedagogik dan metode pembelajaran bervariasi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 08:05 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 08:05 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7550 |
Actions (login required)
View Item |