Siregar, Asep Safa’at (2021) Partisipasi Pesantren Darul Mursyid (PDM) dalam pengembangan lembaga pendidikan Al-Qur’an di Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1923100287.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang telah banyak memberikan partisipasi dalam rangka mencerdaskan bangsa. Bahkan pesantren merupakan pendidikan pertama dan tertua di Indonesia. Kehadiran pesantren tidak dapat dipisahkan dari tuntutan umat. Karena itu, pesantren selalu menjaga hubungan yang harmonis dengan masyarakat di sekitarnya sehingga keberadaannya ditengah-tengah masyarakat tidak menjadi terasing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Partisipasi, Pesantren dan Konsep Pengembangan lembaga pendidikan Al-Qur’an di Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan. Peneilitan ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau daerah tertentu, seperti observasi, wawancara dan dokumentasi di suatu daerah mengenai kebutuhan akan pendidikan keterampilan. Kemudian data dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data di uji dengan keikutsertaan peneliti dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi Pesantren Darul Mursyid (PDM) dalam pengembangan lembaga pendidikan Al-Qur’an di Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan terbagi tiga, yakni: 1) Partisipasi Pesantren Darul Mursyid (PDM) dalam pembiayaan lembaga pendidikan Al-Qur’an di Kecamatan Saipar Dolok Hole yang meliputi: pemberian insentif bagi tenaga pendidik (setiap bulan) dan memberikan bantuan dana untuk sarana dan prasarana lembaga pendidikan, yaitu madrasah dan pengajian malam serta Pesantren Tahfidz. 2) Partisipasi Pesantren Darul Mursyid (PDM) dalam Pengembangan Kurikulum Lembaga Pendidikan Al-Qur’an di Kecamatan Saipar Dolok Hole telah memberikan dampak positif baik kepada peserta didik juga kepada masyarakat. Dimana sebelum ada pengembangan kurikulum materi ajarnya hanya belajar membaca Al-Qur’an. Kemudian atas partisipasi PDM materi ajar bertambah, yakni Mengenal Huruf Hijaiyah metode iqra, Belajar menulis huruf Hijaiyah, Belajar Tajwid, Hafalan Surat Pilihan, Belajar Bacaan Shalat, Macam-macam Shalat, Praktek Ibadah, Doa-doa sehari hari, Adzan dan Iqamah. Sehingga pengetahuan anak bertambah dan lebih menarik para peserta didik serta mendorong para orangtua peserta didik untuk mengarahkan anaknya mengikuti pelajaran di madrasah atau pengajian malam. 3) Partisipasi Pesantren Darul Mursyid (PDM) dalam Peningkatan Motivasi Tenaga Pendidik Lembaga Pendidikan Al-Qur’an di Kecamatan Saipar Dolok Hole terdiri dari empat, yakni: Dana umrah bagi tenaga pendidik, Kunjungan silaturahmi, Kata-kata motivasi dari pimpinan PDM, serta memberikan reward bagi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erawadi, M.Ag. dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, MA. |
Keywords: | Pengembangan Lembaga Pendidikan Al-Qur’an |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 07:43 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 07:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7549 |
Actions (login required)
View Item |