Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis buku ajar sejarah kebudayaan islam untuk Madrasah Aliyah kelas X dan XI terbitan Kementerian Agama

Harahap, Abdul Ajis (2021) Analisis buku ajar sejarah kebudayaan islam untuk Madrasah Aliyah kelas X dan XI terbitan Kementerian Agama. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1823100235.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Kelayakan isi materi Kompetensi Dasar (KD) judul dan sub judul pada bab bahasan suatu buku ajar harus diperhatikan dan dinilai sesuai dengan kurikulum 2013. Buku ajar selalu dijadikan sumber atau rujukan utama dalam peroses belajar mengajar maupun pengambilan informasi pengetahuan. Karena itu kesesuaian suatu buku ajar sangat penting, namun dalam realita yang ada terdapat permasalahan terkait kesesuaian dalam konten muatan pada buku ajar kelas X dan XI. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini ialah : 1. Untuk menganalisis standar Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti materi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islamkelas X dan kelas XI Kementerian Agama RI. 2. Untuk menjelaskan kesesuaian materi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas X dan Kelas XI Kementerian Agama RI. 3. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Sejarah Kebudayaan Islam kelas X dan XI terbitan kementerian Agama RI. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu dengan metode dokumentasi dengan analisis data dengan menggunakan konten isi, artinya penelitian ini dilakukan terhadap data teks atau materimaupun isi yang ada pada buku ajar. Dilakukan dengan mempelajari dan membaca serta menelaah seluruh data, memaparkan data dan pembahasan hasil penelitian kemudian menarik kesimpulan mengenai buku ajar Sejarah Kebudayaan Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Kompetensi Dasar dengan isi materi pada pembahasan SKI kelas X dan XI masih terdapat pada setiap bab dalam buku ajar ini terdapat hal-hal yang belum sesuai antara KD dengan isi materi sehingga memerlukan pengembanganan pembelajaran dan juga referensi tambahan bagi guru dan siswa agar sesuai dengan tujuan pembelajaran. 2. Kesesuaian judul dan sub judul dengan materi ajar dalam buku ajar SKI kelas X dan XI masih memiliki kekurangan dalam relevansi materi pembelajaran yang tidak lengkap dengan judul pembelajaran. 3. Kelebihan dan kekurangan Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X dan XI. Kelebihan buku ajar SKI kelas X sebagai berikut: akurasi konsep dan defenisi, adanya contoh, fakta dan ilustrasi, materi konsep, keaktifan siswa dalam buku ajar SKI kelas X dan adanya gambar ilustrasi. Kekurangannya: tidak ada soal pilihan ganda, tidak ada nilai karakterdan Isi materi ajar terlalu ringkas.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag. dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A.
Keywords: SKI; Buku Ajar; dan Kementerian Agama
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 26 Jan 2022 05:27
Last Modified: 26 Jan 2022 05:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7544

Actions (login required)

View Item View Item