Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan minat dan hasil belajar Alquran Hadis melalui penerapan metode pembelajaran card sort pada siswa kelas VIII MTs.S Syahbuddin Mustafa Nauli Kabupaten Padang Lawas Utara

Siregar, Masrona (2021) Peningkatan minat dan hasil belajar Alquran Hadis melalui penerapan metode pembelajaran card sort pada siswa kelas VIII MTs.S Syahbuddin Mustafa Nauli Kabupaten Padang Lawas Utara. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1623100130.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Proses pembelajaran Alquran Hadis di kelas VIII MTs. S Syahbuddin Mustafa Nauli selama ini hanya menggunakan metode ceramah dan media pembelajaran seadanya saja. Hal inilah yang menyebabkan beberapa siswa kurang minat dalam belajar dan hasil belajar mereka pun tidak mencapai KKM. Untuk menuntaskan masalah pembelajaran tersebut, penulis mencoba menerapkan metode pembelajaran Card Sort untuk memperdalam materi tentang Hukum Bacaan Mad Iwaḍ, Mad layyin dan Mad Ariḍ Lissukữn. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan melalui 4 tahapan, yaitu tahap pertama perencanaan, tahap kedua tindakan, tahap ketiga pengamatan, dan tahap keempat refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A-L yang berjumlah 23 siswa. Adapun pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam III siklus yaitu diawali dengan kegiatan Pre Test, kemudian dilanjutkan dengan siklus I, ditindak lanjuti dalam siklus II serta diakhiri pada pertemuan siklus III. Hasil penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Penilaian terhadap minat dan hasil belajar siswa dapat dilakukan melalui proses yaitu: siswa memiliki nilai tinggi berkisar antara nilai 80-90 (tuntas belajar), siswa yang memperoleh nilai sedang yaitu antara nilai 70-50, (kurang tuntas belajar) dan siswa yang memperoleh nilai rendah yaitu nilai 40 - 20 ke bawah (belum tuntas belajar). Pada kegiatan pre test minat siswa sebesar 43,47%, hasil belajarnya adalah 35.65%. Siklus I pertemuan pertama minat siswa rata-rata 52,60%, hasil belajarnya adalah 47.39%. lalu pertemuan kedua minat siswa sebesar 61,30%, pertemuan kedua hasil belajarnya adalah 56.52%. selanjutnya, Siklus II pertemuan pertama minat siswa 74,34%, pertemuan pertama hasil belajarnya sebesar 57.39%. lalu pertemuan kedua minat siswa 85,21%, pertemuan kedua hasil belajarnya adalah 70.86%. Kemudian Siklus III pertemuan pertama minat siswa rata-rata 92,17%, pertemuan pertama hasil belajarnya adalah 81.30%, lalu pertemuan kedua minat siswa 96,52%, pertemuan kedua hasil belajarnya adalah 83.04%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diuraikan bahwa penerapan metode pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIII MTs. S Syahbuddin Mustafa Nauli. Hal ini sesuai harapan untuk mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 90 dalam materi pelajaran Alquran Hadis. Dengan demikian hipotesis yang dilaksanakan oleh peneliti dapa t diterima dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag. dan Dr. Lelya Hilda, M.Si.
Keywords: Peningkatan minat dan hasil belajar; card sort
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 26 Jan 2022 04:06
Last Modified: 26 Jan 2022 04:06
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7541

Actions (login required)

View Item View Item