Nopente, Okta (2021) Analisis kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa pada pembelajaran matematika pada pokok bahasan kesebangunan dan kekongruenan kelas IX SMP N 4 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720200069.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Pada penelitian ini, masalah yang dikemukakan adalah kurangnya kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika terutama dalam hal berpikir kritis dan kreatif. Dalam hal ini, seharusnya siswa mengetahui bahwa betapa pentingnya kemampuan berpikir kritis dan kreatif yang harus dikuasai setiap siswa untuk memudahkan siswa dalam proses pembelajaran Matematika. Dengan menguasai kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dapat lebih mudah dalam memahami setiap materi pembelajaran Matematika. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa pada pembelajaran matematika pada pokok bahasan kesebangunan dan kekongruenan kelas IX SMP N 4 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa pada pembelajaran matematika pada pokok bahasan kesebangunan dan kekongruenan kelas IX SMP N 4 Padangsidimpuan. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah dengan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriftif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 SMP N 4 Padangsidimpuan yang berjumlah 29 siswa. kemudian instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan wawancara dan di analisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada indikator memberikan penjelasan sederhana terdapat 4 siswa yang menyelesaikan soal dengan benar, indikator membangun keterampilan dasar terdapat 3 siswa yang menyelesaikan sebagian soal yang ada. Indikator menyimpulkan seluruh siswa mampu menyelesaikan soal yang ada, indikator memberikan penjelasan lebih lanjut terdapat 1 siswa yang menyelesaikan sebagian soal, dan indikator mengatur strategi dan taktik terdapat 2 siswa yang menyelesaikan soal secara kurang tepat. Kemampuan berpikir kreatif pada indikator kelancaran terdapat 7 siswa yang menyelesaiakan soal dengan satu cara, indikator keluwesan terdapat 6 siswa yang menyelesaiakan soal dengan benar, indikator kebaruan terdapat 14 siswa yang menyelesaiakan soal secara kurang tepat, dan indikator elaborasi terdapat 5 siswa yang menyelesaiakan soal secara kurang tepat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd |
Keywords: | Kemampuan; Berpikir kritis; Kreatif; Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 03:19 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 03:19 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7536 |
Actions (login required)
View Item |