Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kesesuaian materi pembelajaran ilmu pengetahuan alam dengan standar isi kurikulum 2013 di SD Negeri 123 Hutabargot Dolok Kecamatan Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal

Rohayani, Rohayani (2021) Kesesuaian materi pembelajaran ilmu pengetahuan alam dengan standar isi kurikulum 2013 di SD Negeri 123 Hutabargot Dolok Kecamatan Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500131.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah tentang kesesuaian materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan Standar Isi kurikulum 2013 di SD Negeri 123 Hutabargot Dolok Kecamatan Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal pembelajarannya sesuai dengan Standar Isi, dan setiap Kompetensi Dasar sudah mencakup dengan Kompetensi Inti yang diajarkan guru kepada peserta didik terutama di Kelas IV SD Negeri 123 Hutabargot Dolok. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana kesesuaian materi Ilmu Pengetahuan Alam dengan Standar Isi kurikulum 2013 di SD Negeri 123 Hutabargot Dolok Kecamatan Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan Standar Isi kurikulum 2013 di SD Negeri 123 Hutabargot Dolok Kecamatan Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan metode deskriptif. Tahap pertama penelitian ini adalah kesesuaian materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan Standar Isi kurikulum 2013 di SD Negeri 123 Hutabargot Dolok Kecamatan Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah, wawancara, observasi dan studi dokument di SD Negeri 123 Hutabargot Dolok Kecamatan Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal. Kemudian untuk menjamin keabsahan data penelitian ini menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa analisis kesesuaian materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan Standar Isi kurikulum 2013 di SD Negeri 123 Hutabargot Dolok Kecamatan Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal muatan materi pemebelajaran Ilmu Pengetahuan alam sesuai dengan Standar Isi, namun ada beberapa muatan materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tidak termasuk dengan materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan alam yaitu subtema I pada pembelajaran 2 dan 6, tema II pada pembelajaran 2 dan 6, dan subtema III pada pembelajaran 2, 4, dan 6, dilihat dari Kompetensi Dasar materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru kelas IV.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I.
Keywords: Pembelajaran; Ilmu pengetahuan alam; Standar isi; Kurikulum 2013
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:58
Last Modified: 26 Jan 2022 02:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7533

Actions (login required)

View Item View Item