Rahmi, Atika (2021) Implementasi pembelajaran fikih kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620100148.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum nasional, beberapa kali terjadi perubahan yang dimaksudkan untuk menyesuaikan kurikulum 2013 pada kebutuhan yang dihadapi masa sekarang. Kurikulum ini sudah ditetapkan pada tahun 2014 di untuk pembelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Tapanuli Selatan namun untuk keseluruhan mata pelajaran baru diterapkan pada tahun 2016/2017. Perubahan dan penyempurnaan yang terjadi pada kurikulum 2013 membuat sebahagian guru Fikih kesulitan dalam menerapkannya khususnya pada pembelajarannya. Berdasarkan latar belakang masalah inilah peneliti ingin mengkaji implementasi pembelajaran Fikih kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Tapanuli Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran Fikih kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Tapanuli Selatan, bagaimana implementasi pembelajaran Fikih pada perubahan dan penyempurnaan kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Tapanuli Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran Fikih kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Tapanuli Selatan, untuk mengetahui implementasi pembelajaran Fikih pada perubahan dan penyempurnaan kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Tapanuli Selatan. Jenis dan metode penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif. Subjek penelitian dan sumber data primer penelitian ini adalah 3 orang guru Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Tapanuli Selatan. Sumber data sekunder penelitian yaitu Wakil Kepala Sekolah bagian kurikulum Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Tapanuli Selatan. Selanjutnya, teknik pengumpulan data penelitian ini mengunakan wawancara, obseravasi, dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan mengklasifikasikan kepada data kualitatif yang dilakukan setelah mengamati situasi dan kondisi dalam implementasi pembelajaran Fikih kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Tapanuli Selatan. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa implementasi pembelajaran Fikih kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Tapanuli Selatan sudah terlakasana, guru Fikih merencanakan (menyusun silabus dan RPP kurikulum 2013), melaksanakan pembelajaran dan melakukan penilaian pembelajaran serta mengimplementasikan pembelajaran Fikih pada perubahan dan penyempurnaan kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd. |
Keywords: | Implementasi; Kurikulum |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 09:30 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 09:30 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7529 |
Actions (login required)
View Item |