Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan segitiga di kelas VII MTs Negeri 1 Padang Lawas

Pulungan, Elda Yanti (2021) Pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan segitiga di kelas VII MTs Negeri 1 Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200098.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya hasil belajar Matemtika siswa khususnya pada pokok bahasan Segitiga di kelas VII MTs Negeri 1 Padang Lawas, rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh ketidak aktifan dan ketidak kreatifan siswa dalam proses pembelajaran, karena proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan guru kurang inovatif dalam menggunakan metode pembelajaran. Melalui metode pembelajaran Tutor Sebaya dapat membangun suasanan belajar yang lebih akrab dan efisien dan siswa tidak segan untuk bertanya bila ada yang tidak tahu, karena dibimbing oleh temannya sendiri. Dan dengan menggunakan metode Tutor Sebaya diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan dengan penggunaan metode pembelajaran Tutor Sebaya tehadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan segitiga di kelas VII MTs Negeri 1 Padang Lawas?. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dengan penggunaan metode pembelajaran Tutor Sebaya terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan segitiga di kelas VII MTs Negeri 1 Padang Lawas. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain pretest posttest control group design, dan instrumen yang digunakan adalah tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 1 Padang Lawas yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah 305 siswa. Adapun sampel pada penelitian ini adalah kelas VII 2 dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 1 dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilakukan dengan rumus Uji-t. Berdasarkan analisis data, soal posttest yang diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan siswa diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 83,83 dan kelas kontrol 75,15. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,478 > 2,000, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran Tutor Sebaya terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan segitiga di kelas VII MTs Negeri 1 Padang Lawas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Dr. Lelya Hilda, M.Si.
Keywords: Metode pembelajaran; Tutor sebaya; Hasil belajar; Segitiga
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 24 Jan 2022 09:07
Last Modified: 24 Jan 2022 09:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7526

Actions (login required)

View Item View Item