Yusuf, Ekhsan (2021) Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen produk herbal penawar Al-Wahidah Indonesia Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640200293.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi dengan banyak keluhan konsumen yang menilai harga produk HPAI tersebut sedikit mahal dan suit di jangkau hal ini mengakibatkan menurunnya tingkat penjualan produk. kemudian kurangnya tingkat pemahaman konsumen tentang kualitas produk tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh harga, kualitas produk terhadap kepuasan konsumen produk HPAI cabang Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen produk HPAI cabang Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan teori-teori bidang ilmu ekonomi dan manajemen yaitu yang berhubungan dengan faktor yang memengaruhi kepuasan konsumen diantaranya faktor harga dan kuaitas produk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersumber data primer. Sampel yang digunakan 69 responden yang diambil dari konsumen produk HPAI yang berada kota Padangsidimpuan dengan menggunakan rumus dengan jumlah populasi yang tidak diketahui. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket. kemudian di analisis dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS versi 23. Hasil analisis dalam penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel harga diperoleh thitung > ttabel (1.182 > 1,668). Maka tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Secara parsial kualitas produk diperoleh thitung < ttabel (2,297 < 1,668). Maka memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Secara simultan harga dan kualitas produk diperoleh Fhitung > Ftabel (4.250 > 3.31dengan nilai signifikan 0.018, Artinya ada pengaruh harga, dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen produk Herbal penawar Al wahidah Indonesia cabang Padangsidimpuan sebesar 18 %. Sedangkan sisanya sebesar 82% dipengaruhi oleh variabel lain seperti kualitas pelayanan, promosi , emosianal dan lain lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Abdul Nasser Hasibuan, M.Si dan Arti Damisa, M.E.I |
Keywords: | Harga; Kulialitas produk; Kepuasan konsumen |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 01:35 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 01:35 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7498 |
Actions (login required)
View Item |