Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Konsep belajar menurut Syekh Az-Zarnuji dalam kitab Ta’limul Muta’allim

Mauliana, Sri (2021) Konsep belajar menurut Syekh Az-Zarnuji dalam kitab Ta’limul Muta’allim. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100192.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Belajar merupakan hal yang sangat urgen dalam kehidupan sejak dari lahir hingga akhir hayat tidak luput dari proses belajar. Agar belajar dapat berjalan secara efektif dan mencapai tujuan, maka diperlukan konsep dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana prinsip belajar, tujuan belajar, metode belajar, relevansi konsep belajar menurut Syekh Az Zarnuji dalam kitab Ta‟limul Muta‟allim dengan konsep belajar saat ini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kitab Ta`limul Muta`allim tentang konsep belajar bagi peserta didik dan masi relevan digunakan dengan konsep belajar saat ini. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Reseacrh), yaitu penelitian yang menggunakan data dan informasi dengan bantuan bermacam macam materi yang terdapat dalam kepustakaan, seperti buku, jurnal, dokumen, kisah-kisah sejarah dan lain-lain yang dapat dijadikan sebagai sumber rujukan dalam penyusunan laporan penelitian ilmiah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Adapun analisis data, peneliti menggunakan metode, analisis isi (content analysis) dan metode analisis historis. Berdasarkan hasil analisis, bahwa di dalam kitab Ta‟limul Muta‟allim memuat konsep belajar berupa prinsip belajar, tujuan belajar dan metode belajar yang memprioritaskan pentingnya adab sebelum ilmu serta menuntut imu untuk tujuan kebahagian di dunia dan akhirat dengan bekal iman dan takwa kepada Allah. Adapun Prinsip belajar, tujuan belajar, metode belajar, serta relevansi konsep belajar Syekh Az-Zarnuji dengan konsep belajar saat ini bisa dijadikan pedoman dan diaplikasikan bagi para penuntut ilmu agar mendapatkan manfaat dan buah dari ilmu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag. dan Muhlison, M.Ag
Keywords: Konsep belajar; Syekh Az-Zarnuji; Ta'limul Muta'allim
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 21 Jan 2022 01:23
Last Modified: 21 Jan 2022 01:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7496

Actions (login required)

View Item View Item