Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pemberian penguatan terhadap siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V-B Sekolah Dasar Negeri 200117 Padangsidimpuan Utara

Ulfah, Nadiyah (2021) Pemberian penguatan terhadap siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V-B Sekolah Dasar Negeri 200117 Padangsidimpuan Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah salah satu untuk meningkatkan semangat belajar siswa ialah dengan memberikan penguatan dalam proses pembelajaran. Siswa yang diberikan penguatan pada saat belajar sudah pasti siswa tersebut merasa senang karena hasilnya dihargai oleh guru. Untuk itu memberikan penguatan dalam proses pembelajaran sangat penting diterapkan oleh guru agar siswa termotivasi untuk belajar. Rumusan masalah dalam peneliti ini, Apa saja jenis-jenis pemberian penguatan yang diberikan guru terhadap siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia? Bagaimana cara pemberian penguatan terhadap siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V-B Sekolah Dasar Negeri 200117 Padangsidimpuan Utara? Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripasikan pemberian penguatan terhadap siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V-B Sekolah Dasar Negeri 200117 Padangsidimpuan Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang berusaha untuk yang menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data, menyajikan data-data, menganalisis dan menginterpresentasikan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data penelitian dapat diperoleh dari data primer dan data skunder. Untuk menjamin keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adapun jenis-jenis pemberian penguatan yang diberikan guru kepada siswa ialah penguatan verbal dan penguatan non verbal. Guru sudah menerapkan pemberian penguatan secara verbal dan non verbal. Penguatan verbal diterapkan dengan cara memberikan pujian dengan kata-kata dan kalimat. Sedangkan penguatan non verbal diberikan melalui sentuhan, gerak mendekati siswa, pemberian simbol atau benda. Adapun cara guru dalam mengimplementasikan pemberian penguatan dalam pembelajaran melalui cara yaitu, pemberian penguatan secara pribadi, pemberian penguatan secara berkelompok, pemberian penguatan dengan segera, dan pemberian penguatan secara bervariasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Pemberian penguatan; Pembelajaran; Bahasa Indonesia
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 19 Jan 2022 01:47
Last Modified: 19 Jan 2022 01:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7485

Actions (login required)

View Item View Item