Harahap, Rizki Rahmadhani (2021) Peran guru pada proses pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) di Sekolah Dasar Negeri 200508 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720500005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dimana peran guru dalam menunjang pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam khususnya mengenai peran guru pada proses pembelajaran dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian. Peran guru pada proses pembelajaran sebagai pendorong seseorang untuk memperoleh hasil belajar yang optimal. Peran guru adalah segala bentuk keikutsertaan dalam mengajar dan mendidik anak murid untuk tercapainya tujuan belajar. Peran guru pada proses pelaksanaan pembelajaran yang terlihat belum sesuainya rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dirancang dengan pelaksanaan di lapangan, penggunaan metode pengajaran tidak bervariasi, dan penyampaian materi di dalam kelas tidak efektif. Peran guru dalam penilaian pembelajaran yang terlihat dimana guru masih belum maksimal dalam melakukan penilaian dikarenakan guru kurang teliti dalam melihat dan meneliti peserta didik baik dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Sedangkan peran guru pada proses perencanaan pembuatan RPP sudah terlaksana sesuai dengan pedoman. Salah satu hambatan pada proses pembelajaran yaitu sarana prasarana yang kurang memadai. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peran guru pada proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar Negeri 200508 Padangsidimpuan. dan apa yang menjadi hambatan guru pada proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar Negeri 200508 Padangsidimpuan. Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data penelitian dapat diperoleh dari data primer. Untuk menjamin keabsahan data maka penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru pada proses perencanaan pembelajaran dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sudah terlaksana sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan. Peran guru pada proses pelaksanaan pembelajaran dimana guru belum sepenuhnya mampu menciptakan suasana belajar yang aktif, efektf, kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Guru juga masih belum memanfaatkan media pembelajaran sebagai penunjang dalam proses pembelajaran. Peran guru pada proses penilaian pembelajaran dimana guru masih kurang teliti dalam melihat dan meneliti peserta didiknya baik dari segi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Hasilnya menyatakan terdapat kendala dan salah satu hambatannya yaitu kurangnya sarana dan prasarana yang dapat menunjang terlaksananya proses pembelajaran yang optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I. |
Keywords: | Peran; Pembelajaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 01:43 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 01:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7484 |
Actions (login required)
View Item |