Anjarwati, Eka (2021) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe round table terhadap hasil belajar matematika pada materi trigonometri untuk siswa kelas X di SMA Negeri 2 Padang Bolak. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720200076.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, karena proses pembelajaran yang disekolah masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Pembelajaran matematika cenderung dilakukan berpusat pada guru sehingga mengakibatkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian model pembelajaran kooperatif tipe Round Table dapat berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Round Table terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi trigonometri siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang Bolak. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Round Table terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi trigonometri siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang Bolak. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan Non Random Contol Group Pre test Post test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang Bolak yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 79 siswa. Sampel di kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berjumlah 27 siswa dan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan berjumlah 25 siswa. Pengolahan data dan analisi data dilakukan dengan menggunakan Uji-t. Hasil pengujian Uji-t diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen setelah model pembelajaran kooperatif tipe Round Table diterapkan pada hasil pre test ke hasil post test yaitu 68,89 menjadi 75,741. Sedangkan pada kelas kontrol pada hasil pre test ke hasil post test yaitu 65 menjadi 71,8. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel (2,1758 > 2,008) dengan taraf signifikansi 5% dan dk=50, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Round Table terhadap hasil belajar matematika materi trigonometri pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang Bolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Suparni, S.Si, M.Pd dan Rahma Hayati Siregar, M.Pd |
Keywords: | Model kooperatif tipe round table; Hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 04:51 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 04:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7445 |
Actions (login required)
View Item |