Munthe, Ayu Anggina (2021) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbantu media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya di kelas IV MIN 5 Labuhanbatu Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720500027.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV MIN 5 Labuhanbatu Utara dalam proses pembelajaran dengan nilai rata-rata kelas 59,67 dimana nilai tersebut belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75, sehingga hasil belajar perlu ditingkatkan. Penerapan model pembelajaran yang kurang bervariatif merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa, sehingga perlu dilakukan perubahan pada proses pembelajaran yaitu dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray agar siswa dapat berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran dengan bekerjasama dan bertamu ke kelompok lain untuk bertukar pikiran sehigga hasil belajar dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbantu media gambar pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober 2021. Lokasi penelitian di kelas IV MIN 5 Labuhanbatu Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model penelitian Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini: butir soal tes hasil belajar kognitif dan lembar observasi. Tekhnik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis dekskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran koperatif tipe two stay two stray berbantu media gambar. Pada pra siklus jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa dengan persentase 23, 07% dan nilai rata-rata kelas 58,26. Pada siklus I pertemuan I hasil belajar siswa meningkat yaitu nilai rata-rata siswa menjadi 59,80 (9 siswa) dengan persentase 34,61%. Kemudian pada pertemuan II peningkatan nilai rata-rata siswa 70,38 (13 siswa) dengan persentase 50%. Pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata siswa menjadi 74,80 (19 siswa) dengan persentase 73,07%. Pada siklus II pertemuan II nilai rata-rata kelas 84,42 (23 siswa) dengan persentase 88,46%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Magdalena, M.Ag. dan Syafrilianto, M.Pd |
Keywords: | Model two stay two stray; Hasil belajar; Media gambar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 04:44 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 04:44 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7444 |
Actions (login required)
View Item |