Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis pengaruh pelayanan, harga, lokasi, dan layout terhadap kepuasan pelanggan berbelanja di UD Sinar Jaya Lahewa (SJL) Pasar lama Panyabungan

Yusnita, Eva (2021) Analisis pengaruh pelayanan, harga, lokasi, dan layout terhadap kepuasan pelanggan berbelanja di UD Sinar Jaya Lahewa (SJL) Pasar lama Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Toko UD Sinar jaya Lahewa ( SJL) Pasar Lama Panyabungan merupakan salah satu toko yang cukup terkenal dan merupakan salah satu toko yang paling banyak pelanggannya dalam hal kebutuhan sehari-hari. Dengan melihat jumlah pelanggan dari Bulan Maret sampai dengan Agustus masih fluktuatif sehingga peneliti tertarik untuk meneliti dengan judul Analisi Pengaruh Pelayanan, Harga, Lokasi dan Layout Terhadap Kepuasan pelanggan berbelanja di UD Sinar Jaya Lahewa (SJL) Pasar lama Panyabungan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh pelayanan, harga, lokasi dan layout secara parsiap dan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan berbenja di UD Sinar Jaya Lahewa (SJL) Pasar lama Panyabungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan, harga, lokasi dan layout terhadap kepuasan pelanggan berbelanja di UD Sinar Jaya Lahewa (SJL) Pasar Lama Panyabungan. Teori yang digunakan adalah pertama, pelayanan diberikan sebagai tindakan atau perbuatan seseorang atau organisasi untuk memberikan kepuasan kepada konsumen. Kedua yaitu harga adalah nilai yang diberikan oleh konsumen terhadap barang atau jasa. Ketiga lokasi adalah tempat dimana usaha tersebut didirikan. Keempat layout atau sering disebut tata letak, tata letak yang dimaksudkan yaitu posisi produk yang diperjual belikan oleh toko tersebut.Kemudian yang terakhir ialah kepuasan pelanggan merupakan suatu tindakan dimana kebutuhan, keinginan dan harapan dari pelanggan dapat terpenuhi yang mengakibatkan terjadinya pembelian ulang atau kesetiaan yang berlanjut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan sumber data yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi dengan jumlah sampel 98 responden. Teknik analisis data dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedasitas, uji analisis regresi linier berganda, uji secara parsial (uji t) dan uji secara simultan (uji F). Berdasarkan hasil penelitian tidak ada pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pelanggan berbelanja di UD SJLPasar lama Panyabungan. Ada Pengauh harga terhadap kepuasan pelanggan berbelanja di UD SJLPasar lama Panyabungan. Tidak ada pengaruh lokasi terhadap kepuasan pelanggan berbelanja di UD SJLPasar lama Panyabungan. Tidak ada pengaruh layout terhadap kepuasan pelanggan berbelanja di UD SJLPasar lama Panyabungan. Secara simultan ada pengaruh pelayanan, harga, lokasi dan layout terhadap kepuasan pelanggan berbelanja di UD SJLPasar lama Panyabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Abdul Nasser Hasibuan, M.Si dan Azwar Hamid, M.A
Keywords: Harga; Kepuasan pelanggan; Layout; Lokasi; Pelayanan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:20
Last Modified: 17 Jan 2022 04:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7441

Actions (login required)

View Item View Item