Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan bahan ajar matematika berbasis masalah pada kelas VII Madrasah Tsanawiyah Yayasan Perguruan Karya Setia Padangsidimpuan

Sihombing, Siska Yunita (2021) Pengembangan bahan ajar matematika berbasis masalah pada kelas VII Madrasah Tsanawiyah Yayasan Perguruan Karya Setia Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman matematika siswa khususnya pada materi segi tiga. Hal ini disebabkan bahan ajar ( Modul) yang ada kurang memfasilitasi pemahaman siswa pada materi segi tiga. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilaksanakan penelitian yang bertujuan mengembangkan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah pada Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Yayasan Perguruan Karya Setia Padangsidimpuan yang berkualitas ditinjau dari aspek komponen-komponen Berbasis Masalah dan kualitas serta untuk mengetahui respon siswa terhadap Modul yang telah di kembangkan. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana validitas dan praktikalitas bahan ajar (Modul) Madrasah Tsanawiyah Yayasan Perguruan Karya Setia Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Pengembangan ini dilakukan dengan melalui 5 tahapan, yaitu tahap penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan format produk awal, Uji coba awal, Revisi produk, uji coba lapangan dan revisi produk. Instrumen penelitian berupa angket. Angket respon siswa terhadap bahan ajar (Modul) diberikan kepada 28 siswa Madrasah Tsanawiyah Yayasan Perguruan Karya Setia Padangsidimpuan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas Bahan Ajar (Modul) Berbasis Masalah tergolong dalam kategori baik dengan persentase 83%. Komponen Berbasis Masalah dalam kategori baik dengan persentase 83% dan kualitas isi dengan persentase 83%. Berdasarkan hasil respon siswa terhadap Modul melalui angket tergolong dalam kategori baik dengan persentase 84%. Oleh karena itu, Bahan Ajar (Modul) Berbasis Masalah pada Materi Segitiga ini layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Anhar, MA
Keywords: Bahan ajar; Modul; Berbasis masalah; Segi tiga
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:05
Last Modified: 11 Jan 2022 03:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7432

Actions (login required)

View Item View Item