Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan strategi pembelajaran discovery learning tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar IPS di kelas III SDN 1202 Gulangan Manggu Kecamatan Sihapas Barumun Kabupaten Padang Lawas

Siregar, Rini Sopiah (2021) Penerapan strategi pembelajaran discovery learning tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar IPS di kelas III SDN 1202 Gulangan Manggu Kecamatan Sihapas Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah siswa kurang tertarik dan kurang terlibat dalam proses pembelajaran, hal ini karna pembelajaran yang di laksanakan guru monoton dan kurang menarik. Berdasarkan hasil dokumen hasil belajar murid kelas III Gulangan Manggu 1202 bahwa hasil belajar siswa ditemukan tergolong sangat rendah yaitu 30,03%, hal ini sebagai dampak pembelajaran yang monoton dan kurang menarik bagi murid, materi, media, model dan strategi pembelajaran tidak menantang intelektualitas siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah strategi pembelajaran discovery learning jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas III SDN 1202 Gulangan Manggu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS di kelas III SDN 1202 Gulangan Manggu Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setip siklus terdiri dari dua kali pertemuan, pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Tes dan Observasi. Pada hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS disetiap siklus meningkat. pada tes awal nilai rata-rata siswa yaitu 54,85% (24,25 %), kemudian pada siklus I nilai rata-rata siswa dari 28 (30,03%) menjadi 63,94( 39,40%), pada siklus II dari 68,48(39,39%) menjadi 83,94(90,91%). Adapun respon siswa terhadap penerapan dalam proses pembelajaran yaitu sangat suka dan senang karena dapat menumbuhkan semangat siswa dalam belajar dan dapat menuntut siswa untuk lebih percaya diri. Kesimpulannya yaitu hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya media ceramah pada pembelajaran IPS di SDN 1202 Gulangan Manggu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Anhar, MA dan Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd.
Keywords: Strategi pembelajaran; Discovery learning; Jigsaw; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 11 Jan 2022 02:59
Last Modified: 11 Jan 2022 02:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7431

Actions (login required)

View Item View Item