Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan minat belajar anak pada masa pandemi Covid-19 di Desa Dalan Lidang Kec. Lingga Bayu

Nurasiyam, Nurasiyam (2021) Pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan minat belajar anak pada masa pandemi Covid-19 di Desa Dalan Lidang Kec. Lingga Bayu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa perkembangan teknologi dan komunikasi di masa pandemi covid-19 telah mengkondisikan hampir setiap orang mampu mengakses internet. Baik orang tua, remaja dan anak anak. Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat telah banyak dimanfaatkan oleh setiap kalangan termasuk didalamnya dunia pendidikan dan dunia pembelajaran. Dengan memanfaatkan media sosial memudahkan anak mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan tidak hanya didapat diruang lingkup sekolah. Pada masa pandemi media sosial seperti whatshaap, google, menjadi sarana penting bagi anak-anak untuk tetap menerima pembelajaran walaupun dalam keadaan belajar dari rumah. Secara nyata penggunaan alat bantu media sosial sangat membantu aktivitas belajar pada anak, sehingga dengan penggunaan media sosial meningkatkan aspek kemampuan dan minat belajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan minat belajar anak pada masa pandemi covid-19 di desa Dalan Lidang kec. Linggabayu dan bagaimana minat belajar anak pada masa pandemi covid-19 di desa Dalan Lidang Kec. Linggabayu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat media sosial dalam meningkatkan minat belajar anak di desa Dalan Lidang Kec. Linggabayu dan untuk mengtahui minat belajar anak pada masa pandemi covid-19 di desa Dalan Lidang Kec. Linggabayu. Metodologi yang digunakan penelitian adalah kualitatif menggunakan metode deskriptif. Tekhnik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik pengolahan analsis data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan data teknik menjamin keabsahan data adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trigulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan minat belajar anak pada masa pandemi covid-19 memili banyak manfaat. Adapun manfaat media sosial adalah bermanfaat sebagai saluran komunikasi, media sosial bermanfaat sebagai sarana pembelajaran, media sosial bermanfaat sebagai alat penelitian, media sosial membantu memperoleh pengetahuan yang luas, media sosial bermanfaat meningkatkan pembelajaran mandiri pada siswa. Sehingga dengan pemanfaatan media sosial yang mengandung konten-konten pembelajaran kreatif secara tidak langsung memikat minat belajar anak. Dan sebagian anak minat belajar turun dikarenakan rasa bosan dan susah merubah kebiasan-kebiasan lama seperti main game, chatting dan hal lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Pemanfaatan media sosial; Minat belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 11 Jan 2022 02:04
Last Modified: 11 Jan 2022 02:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7424

Actions (login required)

View Item View Item