Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi orang tua terhadap pembelajaran daring pendidikan agama Islam pada masa Covid-19 di Lingkungan 1 Gunung Tua Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara

Siregar, Suriyani (2021) Persepsi orang tua terhadap pembelajaran daring pendidikan agama Islam pada masa Covid-19 di Lingkungan 1 Gunung Tua Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada awal Maret tahun 2020, terjadi penyebaran virus Covid-19. Adanya pandemi ini menyebabkan dilaksanakannya pembelajaran daring yang belum pernah dilaksanakan sebelumnya. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan surat edaran pada tanggal 24 maret 2020 nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan pada masa darurat penyebaran Covid-19, dalam surat tersebut dijelaskan bahwa proses belajar dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh. Hal ini mengakibatkan adanya persepsi masing-masing orang tua mengenai pembelajaran daring. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana persepsi orang tua terhadap pembelajaran daring pendidikan agama Islam di lingkungan 1 Gunung Tua Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Tujuan penelitian untuk mengetahui persepsi orang tua terhadap pembelajaran daring pendidikan agama Islam di lingkungan 1 Gunung Tua Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Metodologi yang digunakan penelitian adalah kualitatif menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik pengelolaan analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik penjamin keabsahan data dengan menggunakan tringulasi diantaranya: triangulasi sumber dan tringulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi orang tua mengenai pembelajaran daring diantaranya: 1. persepsi positif terhadap pembelajaran daring: a. Memutus rantai penyebaran covid-19. b. Pengetahuan anak bertambah mengenai teknologi. 2. Persepsi negatif pembelajaran daring: a. Pembelajaran daring kurang efektif. b. Membebani orang tua baik dari sisi ekonomi dan pendampingan anak. c. menyebabkan anak tidak teratur dan sulit dikendalikan orang tua. d. Anak lebih sering keluyuran dan bermain game.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, MA dan Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., MA
Keywords: Persepsi; Orang tua; Pembelajaran daring; Covid-19
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 11 Jan 2022 01:56
Last Modified: 11 Jan 2022 01:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7423

Actions (login required)

View Item View Item