Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pokok bahasan balok di Kelas VIII SMP N 2 Sampean Sungai Kanan

Tanjung, Kartina (2021) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pokok bahasan balok di Kelas VIII SMP N 2 Sampean Sungai Kanan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang pahamnya siswa dalam menyelesaikan soal matematika di SMP N 2 Sampean Sungai Kanan. sehingga siswa memiliki keterbatasan kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal. Siswa tidak dibelajarkan mengenai indikator kemampuan pemecahan masalah. Dari hal tersebut menyatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih tergolong rendah. Prores pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru tanpa menggunakan model pembelajaran yang dapat memberikan keaktifan pada proses belajar mengajar. Rumusan masalah dari peneliti ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pemebelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi balok siswa kelas VIII SMPN 2 Sampean Sungai Kanan ? Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model pembelajatan problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII 2 Sampean Sungai Kanan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas VIII SMP N 2 Sampean Sungai Kanan yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 38 siswa dan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Dan sampel kelas eksperimen diberi perlakuan 20 siswa dan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan 18 siswa. Pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan rumus uji normalitas, uji homogenitas dan uji t Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu kelas eksperimen sebesar 79,25 dan kelas kontrol yaitu 70,83. Ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pokok bahasan balok di kelas SMPN 2 Sampean Sungai Kanan. siswa.Hasilnya diperoleh dari nilai signifikansi 0,05 yaitu thitung> ttabel dengan taraf 5% sehingga 3,153 > 2,1,688. Maka Ho ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Mariam Nasution, M.Pd. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran; Problem based learning; Kemampuan pemecahan masalah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 10 Jan 2022 09:12
Last Modified: 10 Jan 2022 09:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7418

Actions (login required)

View Item View Item