Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kesiapan guru matematika dalam menerapkan kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Darussalam Kampung Banjir Kabupaten Padang Lawas Utara

Kalsum, Ummi (2021) Kesiapan guru matematika dalam menerapkan kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Darussalam Kampung Banjir Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum merupakan alat yang sangat penting bagi keberhasilan suatu pendidikan. Tanpa kurikulum yang sesuai dan tepat akan sulit untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yang diinginkan. Dalam sejarah pendidikan di Indonesia sudah beberapa kali diadakan perubahan dan perbaikan kurikulum yang tujuannya sudah tentu untuk menyesuaikannya dengan perkembangan dan kemajuan zaman, guna mencapai hasil yang maksimal. Perubahan kurikulum menuntut pada kesiapan guru sebab kurikulum itu sendiri tidak terlepas dari peran guru sebagai pelaksana langsung dalam pembelajaran di kelas. maka guru merupakan ujung tombak pengembangan kurikulum sekaligus sebagai pelaksana kurikulum di lapangan. Bagaimanapun baiknya suatu kurikulum disusun, pada akhirnya akan sangat bergantung pada kemampuan guru di lapangan. Efektifitas suatu kurikulum tidak akan tercapai, jika guru tidak dapat memahami dan melaksanakan kurikulum dengan baik sebagai pedoman dalam proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang di atas maka masalah yang ada dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Kesiapan Guru Matematika dalam Menerapkan Kurikulum 2013 dan Apa saja faktor Pendukung dan Penghambat yang dihadapi Guru Matematika dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di MTsS Darussalam?” Sejalan dengan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kesiapan Guru Matematika dalam Menerapkan Kurikulum 2013 di MTsS Darussalam. Dalam pelaksanakan riset lapangan (field research), peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang terdiri dari wawancara, dan studi dokumentasi. Pengolahan dan analisis data yang dilaksanakan dengan cara kualitatif deskriptif. Untuk menjamin keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa Kesiapan Guru Matematika dalam Menerapkan Kurikulum 2013 di MTsS Darussalam sudah sangat siap dan berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hal ini dapat dilihat dari komitmen dan usaha guru matematika yang aktif dalam mengikuti kegiatan yang dilakukan di luar maupun dalam sekolah seperti MGMP, pelatihan, serta diskusi yang bertujuan untuk dapat memahami kurikulum 2013 sepenuhnya. Namun yang menjadi kendala dalam pelaksanaannya adalah buku matematika kurikulum 2013 sebagai pedoman guru dan siswa masih terbatas untuk tiap ruangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Suparni, S.Si, M.Pd dan Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd
Keywords: Kesiapan guru matematika; Kurikulum 2013
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 10 Jan 2022 09:01
Last Modified: 10 Jan 2022 09:01
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7417

Actions (login required)

View Item View Item