Siregar, Adelia (2021) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lingkaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) di kelas VIII M. Ts. Negeri 2 Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720200053.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini dilakukan berawal dari wawancara dengan salah satu guru bidang studi Matematika M. Ts. Negeri 2 Padang Lawas Utara yang mengatakan bahwa hasil belajar Matematika siswa rendah. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang cenderung monoton (berpusat pada guru) membuat siswa kurang mengerti dan kurang berminat mengikuti pembelajaran serta siswa merasa jenuh dan bosan dalam pembelajaran di kelas. Maka yang terjadi di kelas adalah sebagian siswa hanya duduk, diam, mendengarkan dan mencatat materi pelajaran yang disampaikan oleh guru tanpa berusaha memahami dan mengerti dengan apa yang disampaikan oleh guru. Hal ini menjadikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika tidak sesuai dengan yang diharapkan. Rumusan masalah penelitian adalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi Lingkaran kelas VIII-7 M. Ts. Negeri 2 Padang Lawas Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa materi Lingkaran kelas VIII-7 M. Ts. Negeri 2 Padang Lawas Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara berdaur atau siklus. Dalam penelitian ini dilakukan dengan dua kali Siklus. Setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Instrumen yang dilakukan adalah tes dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 M. Ts. Negeri 2 Padang Lawas Utara yang berjumlah 29 siswa. Setelah penelitian ini dilakukan diperoleh hasil tes awal dengan jumlah siswa yang tuntas 6 siswa dari 29 siswa atau 21% dari jumlah siswa. Hasil tes dari Siklus I Pertemuan ke-1 diperoleh dengan nilai rata-rata 62,24 dengan persentase ketuntasan 62% dan pada Siklus I Pertemuan ke-2 diperoleh dengan nilai rata-rata 67,93 dengan persentase ketuntasan 45%. Pada Siklus II Pertemuan ke-1 diperoleh dengan nilai rata-rata 75,17 dengan persentase ketuntasan 62% dan pada Siklus II Pertemuan ke-2 diperoleh dengan nilai rata-rata 82,93 dengan persentase ketuntasan 86.20%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada tiap Siklusnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Suparni, S.Si, M.Pd dan Drs. H. Agus Salim Daulay, M.Ag. |
Keywords: | Model pembelajaran; Think pair share; Hasil Belajar; Lingkaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 08:56 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 08:56 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7416 |
Actions (login required)
View Item |