Hrp, Evni Sri Wahyuni (2021) Penggunaan blok aljabar dengan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII M.Ts Negeri 2 Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720200072.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Matematika di Madrasah membosankan karena guru menyampaikan materi pembelajaran hanya terpaku pada buku dan jarang menggunakan media, yang membuat peserta didik menjadi kurang tertarik terhadap pembelajaran Matematika. Sehingga peserta didik susah memahami konsep Matematika dan mengakibatkan peserta didik kurang aktif dan tidak bersemangat dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik rendah. Rumusan masalahnya yaitu: apakah penggunaan blok aljabar dengan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika pada materi faktorisasi bentuk aljabar siswa kelas VIII M.Ts Negeri.2 Padang Lawas Utara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII M.Ts Negeri.2 Padang Lawas Utara pada materi Faktorisasi Suku Aljabar menggunakan metode pembelajaran kooperatif dengan alat peraga blok aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Pada penelitian tindakan ini diterapkan metode pembelajaran kooperatif menggunakan blok aljabar dengan membentuk kelompok belajar dalam kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian tindakan ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Resarch (CAR). Pengambilan data dilakukan dengan mengadakan angket, soal tes hasil belajar yang terdiri dari pretes dan postes dengan jumlah subjek penelitian 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai pretes-postes pada penguasaan konsep faktorisasi suku aljabar yaitu pretes 21,21% dan postes 72,73% dengan kenaikan sebesar 51,52%. Berdasarkan hasil angket siswa setelah dilakukannya penelitian menunjukkan persentase nilai minat siswa dalam pelajaran matematika sebesar 75,76% meningkat 6,07% dari minat siswa sebelum dilaksanakan tindakan penelitian yaitu sebesar 45,45%. Dengan kata lain minat siswa meningkat dari awal yang berada pada kategori kurang menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penggunaan blok aljabar dengan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIII M.Ts Negeri.2 Padang Lawas Utara pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Suparni, S.Si, M.Pd dan Dra. Asnah, MA |
Keywords: | Kooperatif; Minat; Hasil; Blok aljabar; Faktorisasi suku aljabar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 08:43 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 08:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7413 |
Actions (login required)
View Item |