Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan model improve terhadap kemampuan pemecahan masalah konsep bangun ruang di kelas VIII MTs S Muhammadiyah 04 Sibolga

Pasaribu, Yusni Mayasari (2021) Pengaruh penggunaan model improve terhadap kemampuan pemecahan masalah konsep bangun ruang di kelas VIII MTs S Muhammadiyah 04 Sibolga. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200074.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah siswa, siswa kurang aktif dalam menyelesaikan soal-soal matematika disebabkan model yang digunakan guru kurang tepat dan belum dapat menarik perhatian siswa dalam belajar. Guru harus menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi salah satunya adalah model Improve. Model Improve ini melatih kemampuan pemecahan masalah pada siswa dalam berdiskusi dengan belajar kelompok dan semua siswa berperan aktif dan membuat siswa fokus dalam belajar. Dengan menggunakan model Improve ini diharapkan dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Improve terhadap kemampuan pemecahan masalah konsep bangun ruang di kelas VIII MTs S Muhammadiyah 04 Sibolga? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Improve terhadap kemampuan pemecahan masalah konsep bangun ruang ruang di kelas VIII MTs S Muhammadiyah 04 Sibolga. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Sedangkan instrumennya adalah tes (pre-test dan posttest). Populasi dalam penelitian ini dengan jumlah 73 siswa. Sampel dikelas eksperimen yang diberi perlakuan 24 siswa dan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan 24 siswa. pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan rumus uji Normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan analisis data, soal post test yang diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan siswa diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 71,58 dan kelas kontrol 70,00. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,260 > 2,013 dengan taraf signifikan 5% maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model Improve terhadap kemampuan pemecahan masalah konsep bangun ruang di kelas VIII MTs S Muhammadiyah 04 Sibolga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Suparni, S.Si, M.Pd dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd
Keywords: Model improve; Kemampuan; Pemecahan masalah; Konsep; Bangun ruang
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 10 Jan 2022 08:33
Last Modified: 10 Jan 2022 08:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7412

Actions (login required)

View Item View Item