Hrp, Nurul Padilah (2021) Penerapan metode pembelajaran pair checks dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan garis dan sudut untuk siswa kelas VII MTs Swasta Darul Ikhlas H. Abd. Manap Srg di Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720200083.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah proses pembelajaran selalu monoton dan belum menciptakan suasana yang interaktif, dikarenakan itu siswa lebih sering bersifat pasif, siswa tidak fokus saat guru menjelaskan dan banyak pula siswa yang hanya diam saat ditanya apakah mereka sudah mengerti dengan materi yang sudah dijelaskan. Rumusan masalah penelitian adalah apakah dengan menerapkan Metode pembelajaran Pair Checks dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VII-3 pada pokok bahasan Garis dan Sudut di kelas VII MTs Swasta Darul Ikhlas H Abd Manap Srg Padangsidimpuan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah hasil belajar Matematika siswa kelas MTs Swasta Darul Ikhlas H Abd Manap Srg Padangsidimpuan meningkat dengan menerapkan Metode pembelajaran Pair Checks pada pokok bahasan Garis dan Sudut. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara berdaur atau siklus. Dalam penelitian ini dilakukan dengan dua Siklus. Setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 Madrasah Tsanawiyah Swasta Darul Ikhlas H Abd Manap Srg Padangsidimpuan yang berjumlah 21 siswa seluruhnya siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil tes awal dengan jumlah siswa yang tuntas 7 siswa dari 21 siswa dengan persentase 33,33% dari jumlah siswa. Hasil tes dari Siklus I Pertemuan ke-1 diperoleh nilai rata-rata 68,33 dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 8 orang dan persentase ketuntasan 38,10%; pada Siklus I Pertemuan ke-2 diperoleh nilai rata-rata 71,48 dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 11 orang dan persentase ketuntasan 52,38%. Pada Siklus II Pertemuan ke-1 diperoleh nilai rata-rata 76,52 dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 15 orang dan persentase ketuntasan 71,43%; pada Siklus II Pertemuan ke-2 diperoleh nilai rata-rata 82,52 dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 17 oranng dan persentase ketuntasan 80,95%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan observasi aktivitas guru yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan disetiap siklus. Dengan demikian berarti penerapan metode pembelajaran Pair Checks pada pokok bahasan Garis dan Sudut dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Garis dan Sudu di di kelas VII MTs Swasta Darul Ikhlas H Abd Manap Srg Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Suparni, S.Si, M.Pd dan Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag |
Keywords: | Metode pembelajaran; Pair checks; Hasil belajar; Garis; Sudut |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 08:28 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 08:28 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7411 |
Actions (login required)
View Item |