Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian produk Metro Kota Padangsidimpuan

Rambe, Syamsiah (2021) Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian produk Metro Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200179.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak masyarakat yang kurang puas terhadap kualitas pelayanan dan promosi yang diberikan oleh PT.Metro kota Padangsidimpuan. Oleh karena itu PT.Metro melakukan promosi ke berbagai wilayah secara maksimal, selain itu PT.Metro juga harus menyuguhkan pelayanan yang berkualitas sehingga dapat menarik simpati konsumen. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian produk Metro kota Padangsidimpuan, apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian produk Metro kota Padangsidimpuan, dan apakah terdapat pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian produk Metro kota Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada PT.Metro kota Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang-bidang ilmu manajemen atau sehubungan dengan teori-teori yang berkaitan dengan pengambilan keputusan, promosi dan pelayanan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis uji regresi berganda. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan sampel 100 orang dengan teknik pengambilan sampel adalah rumus Isac Michale. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 23. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji koefisien determinan, uji hipotesis (uji t dan uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan program spss versi 23 diperoleh hasil pengukuran secara parsial (uji t) variabel promosi tidak mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung ˂ ttabel (0,599 ˂ 1,660) dan nilai sig ˃ 0,1 (0,551 ˃ 0,1). Hasil pengukuran secara parsial (uji t) variabel kualitas pelayanan mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung ˃ ttabel (3,666 ˃ 1,660) dan nilai sig ˂ 0,1 (0,000 ˂ 0,1). Hasil uji secara simultan (uji f) menyatakan secara simultan promosi dan kualitas pelayanan mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai Fhitung ˃ Ftabel (10,470 ˃ 3,09) dan nilai sig ˂ 0,1 (0,000 ˂ 0,1).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, MA dan Arti Damisa, M.E.I
Keywords: Keputusan; Pelayanan; Promosi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:06
Last Modified: 10 Jan 2022 03:06
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7375

Actions (login required)

View Item View Item