Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas VA Madrasah Ibtidaiyah Model Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara

Nasution, Ammi Thoibah (2021) Penerapan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas VA Madrasah Ibtidaiyah Model Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500127.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas VA MI Model Panyabungan. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran IPS masih menggunakan metode ceramah dan menyebabkan kondisi belajar siswa menjadi pasif. Sehingga diperlukan metode baru yakni metode role playing. Metode role playing belum pernah diterapkan dalam pembelajaran IPS di MI Model Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara. Penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah penerapan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan motivasi belajar sehingga akan meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui metode role playing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus yang dilakukan secara berulang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA MI Model Panyabungan yang berjumlah 14 siswa dan objeknya adalah pembelajaran IPS. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskritif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS yang dapat dilihat dari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar siswa. Nilai rata rata pada kondisi awal hanya sebesar 58,57, meningkat pada Siklus I menjadi 73,92, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 80,71. Persentase ketuntasan belajar pada kondisi awal hanya sebesar 14,29%, meningkat pada Siklus I menjadi 57,14%, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 92,86%. Dengan demikian ketuntasan hasil belajar secara klasikan sudah berhasil dicapai sesuai target awal yaitu 75% siswa mendapat nilai lebih dari KBM yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamidah, M.Pd dan Rahmadani Tanjung, M.Pd.
Keywords: Hasil belajar; IPS; Metode pembelajara; Role playing
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 05 Jan 2022 04:49
Last Modified: 05 Jan 2022 04:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7357

Actions (login required)

View Item View Item