Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan perbandingan di kelas VII siswa SMP Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan

Sari, Winda (2021) Pengaruh model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan perbandingan di kelas VII siswa SMP Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika siswa pada Pokok Bahasan Perbandingan disebabkan oleh model yang digunakan guru kurang variatif dan belum dapat menarik perhatian siswa dalam belajar, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami Matematika. Rumusan masalah penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar Matematika pada Pokok Bahasan Perbandingan di Kelas VII siswa SMP Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksprimen jenis desain eksprimen Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan yang berjumlah 182 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik cluster sampling. Sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII-C (30 siswa) sebagai kelas eksprimen dan kelas VII-B (30 siswa) sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Kemudian dari hasil perhitungan posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata (mean) hasil belajar di kelas eksprimen 85 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 74,23, begitu pula dengan nilai median serta nilai modus pada kelas eksprimen lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol. Selain itu, pengujian uji t dari hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 2,46 > ttabel = 2,00. Dengan demikian diambil kesimpulan bahwa “ada pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Perbandingan di Kelas VII Siswa SMP Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Almira Amir, M.Si dan Drs. H. Agus Salim Daulay, M.Ag.
Keywords: Model pembelajaran; Two stay two stray; Hasil belajar; Matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 03 Jan 2022 03:51
Last Modified: 03 Jan 2022 03:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7347

Actions (login required)

View Item View Item