Nurhidayati, Bita (2021) Pengaruh harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk health wealth international (studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1740200237.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Keputusan pembelian adalah suatu proses menilai dan memilih dari berbagai alternatif (produk) yang tersedia sesuai dengan kepentingan konsumen, untuk menetapkan suatu pilihan yang dianggap paling menguntungkan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya produk sejenis yang merebut pangsa pasar serta harga yang terlalu tinggi sehingga keputusan pembelian menurun dan promosi yang dilakukan perusahaan masih kurang sehingga masih banyak mahasiswa yang tidak mengetahui berbagai jenis dari Produk HWI. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh harga, kualitas produk dan promosi secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian Produk HWI pada mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian Produk HWI pada mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan. Teori-teori yang digunakan penelitian ini terdiri dari pengertian keputusan pembelian, pandangan islam mengenai keputusan pembelian, proses keputusan pembelian, faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, pengertian harga, tujuan penetapan harga, indikator harga, strategi harga, pengertian kualitas produk, pengertian promosi, bentuk-bentuk promosi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling insidential dengan jumlah sampel 93 orang. Uji yang digunakan meliputi analisis deskriptif, uji instrumen (uji validitas, uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikoloniaritas, uji heteroskedastisitas), uji hipotesis (uji R2 , uji t, uji F), analisis regresi linear berganda, dibantu dengan program SPSS 23. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh harga terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung > ttabel (7,584 > 1,66216). Ada pengaruh kualitas produkterhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung > ttabel (3,615 > 1,66216). Tidak ada pengaruh promositerhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung < ttabel (0,906 < 1,66216). Sedangkan secara simultan variabel harga, kualitas produk dan promosi berpengaruhterhadap keputusan pembelian Produk HWI pada mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan. Pada uji koefisien determinasi (R2 ) diperoleh nilai sebesar 0,555 atau 55,5%, hal ini menunjukkan bahwa harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian sebesar 55,5%. Sedangkan sisanya sebesar 44,5% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Arbanur Rasyid, M.A. dan Arti Damisa, M.E.I |
Keywords: | Harga; Keputusan pembelian; Kualitas produk; Promosi |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 03:19 |
Last Modified: | 03 Jan 2022 03:19 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7341 |
Actions (login required)
View Item |