Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi orang tua siswa di Desa Bulumario terhadap pembelajaran dalam jaringan (Daring) masa pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sipirok

Aisyah, Nur (2021) Persepsi orang tua siswa di Desa Bulumario terhadap pembelajaran dalam jaringan (Daring) masa pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sipirok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100140.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah menularnya kasus penyebaran virus corona (Covid-19) yang terjadi di akhir-akhir ini membawa dampak tersendiri bagi lingkungan pendidikan. Hal ini di duga membuat sejumlah sekolah dan perguruan Tinggi di Indonesia terpaksa dihentikan. Sementara kegiatan belajar mengajar dalam kelas diganti dengan pembelajaran dalam jaringan (DARING) agar terhindar dari virus corona. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana Persepsi Orang tua Siswa Terhadap Pembelajaran Dalam Jaringan dan apakah kendala yang dihadapi orang tua siswa Terhadap Pembelajaran Dalam Jaringan. Sedangkan tujuan penelitiannya yaitu untuk mengetahui bagaimana Persepsi Orang tua Siswa Terhadap Pembelajaran Dalam Jaringan dan apa saja kendala yang dihadapi orang tua Terhadap Pembelajaran Dalam Jaringan. Metodologi yang digunakan penelitian adalah kualitatif menggunakan metode deskriptif, instrument pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, dan tekhnik menjamin keabsahan data yaitu, perpanjangan waktu penelitian, dan ketekunan pengamatan, dan tekhnik pengolahan dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Orang tua Siswa Di Desa Bulumario Terhadap Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sipirok bahwa orang tua memiliki persepsi yang sama mengenai pembelajaran dalam jaringan (DARING) yaitu proses pembelajaran yang dilaksnakan dengan tidak tatap muka dan membuat waktu yang dimiliki orang tua tersita. Adapun persepsi orng tua dalam pembelajaran dalam jaringan (DARING) meliputi: penyerapan informasi orang tua terhadap pembelajaran dalam jaringan (DARING) sangat kurang, begitu juga dengan pemahaman, tidak semua orang tua dapat memahami materi pelajaran yang diberikan guru kepada siswa, sedangkan penilaian, orang tua kurang mampu dalam menilai, baik dari segi pembelajaran yang terjadi pada saat ini. sedangkan kendala yag dihadapi orang tua dalam pembelajaran dalam jaringan (DARING) yaitu: menyita waktu orang tua, membuat anak sering mengeluh, dan membuat anak malas mengerjakan soal karena adanya bantuan dari orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Samsuddin, M.Ag. dan Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd
Keywords: Persepsi; Orang tua, Pembelajaran Daring
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 27 Dec 2021 01:10
Last Modified: 27 Dec 2021 01:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7321

Actions (login required)

View Item View Item