Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan volume penjualan perusahaan manufaktur sub sektor farmasi

Napitupulu, Lizasuhana (2021) Determinan volume penjualan perusahaan manufaktur sub sektor farmasi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200185.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Farmasi adalah perusahaan yang memproduksi berbagai jenis obat-obatan seperti makanan kesehatan, nutrisi, herbal, kosmetik dan perawatan tubuh, dan makanan suplemen. Adapun tujuan dari perusahaan ini adalah untuk menghasilkan laba demi kelangsungan hidup serta mengumpulkan dana yang cukup untuk pelaksanaan kegiatan bisnis, untuk mencapai laba tersebut tentunya harus meningkatkan kualitas produk dan meningkatkan volume penjualan. Volume penjualan Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Farmasi mengalami fluktuasi pada tahun 2015-2020 yang dihitung menggunakan biaya promosi dan biaya distribusi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini apakah biaya promosi dan biaya distribusi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap volume penjualan Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya promosi dan biaya distribusi terhadap volume penjualan baik secara parsial maupun simultan pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengertian volume penjualan, penjualan, faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjualan, penjualan dalam pandangan Islam, promosi, pengertian biaya promosi, bentuk bentuk promosi, strategi promosi, distribusi, pengertian biaya distribusi, saluran distribusi, strategi distribusi, penggolongan biaya distribusi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pencarian data dan dokumentasi yang ada di situs web resmi yakni www.idx.co.id pada laporan keuangan Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2020. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji deskriptif, uji normalitas, metode analisis data panel, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji koefisien determinasi R2 dan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu Eviews 10. Berdasarkan perhitungan secara parsial (uji t), diketahui bahwa biaya promosi (BP) memiliki thitung < ttabel sehingga biaya promosi tidak ada pengaruh terhadap volume penjualan. Biaya distribusi memiliki thitung > ttabel sehingga biaya distribusi ada pengaruh terhadap volume penjualan. Secara simultan (uji F) nilai Fhitung > Ftabel maka dapat disimpulkan ada pengaruh biaya promosi dan biaya distribusi secara simultan terhadap volume penjualan pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, SE.,M.A dan Damri Batubara, M.A
Keywords: Biaya promosi; Biaya distribusi; Volume penjualan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 23 Dec 2021 07:30
Last Modified: 23 Dec 2021 07:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7313

Actions (login required)

View Item View Item