Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran teams games tournament pada pokok bahasan bilangan pecahan di kelas VII SMP N 1 Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas

Harahap, Lelianti Shara (2018) Upaya meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran teams games tournament pada pokok bahasan bilangan pecahan di kelas VII SMP N 1 Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00093.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal-soal bilangan pecahan, bahwa dilihat dari hasil ketuntasan nilai matematika siswa kelas VII-2 belum mencapai nilai KKM yang ditentukan yaitu 78, selama proses pembelajaran disebabkan cara yang digunakan guru lebih sering dengan model pembelajaran mandiri. Sehingga perlu melakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, salah satunya dengan model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) agar siswa ikut aktif dalam pembelajaran dan kemampuan penalaran matematis siswa juga meningkat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada pokok bahasan Bilangan Pecahan siswa kelas VII-2 SMP N 1 Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi dengan guru mata pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 BarumunTengah Kabupaten Padang Lawas . Dengan subjek penelitian kelas VII-2 yang berjumlah 28 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data yaitu analisis data kualitatif. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Hasil penelitian pada siklus I terdapat peningkatan nilai rata-rata kelas sebelum tindakan sebesar 60,78 menjadi 72,93. Pada siklus II terjadi peningkatan juga dari siklus Isebesar 72,93 menjadi 78,93 atau dengan kata lain persentase ketuntasan kelas sebesar 67,89%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan penalaran matematis pokok bahasan bilangan pecahan kelas VII-2 SMP N 1 Barumun tengah Kabupaten Padang Lawas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Teams Games Tournament (TGT); Kemampuan penalaran matematis
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 20 Apr 2020 05:41
Last Modified: 20 Apr 2020 07:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/730

Actions (login required)

View Item View Item