Rahmadani, Mayang (2021) Minat peserta didik dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 11 Kampung Baru, Kecamatan Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720100039.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah berawal dari rendahnya minat peserta didik dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini dilihat dari kurangnya perhatian peserta didik dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam dan juga peserta didik mudah bosan dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana minat siswa dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam? Apa saja faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat siswa dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam dan faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu kepala sekolah, guru pendidikan agama islam, wali kelas dan peserta didik. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa minat peserta didik dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah dasar negeri 11 Kampung Baru Kecamatan Panai Hilir Kabupaten Labuhanbatu bahwa minat belajar peserta didik pada saat proses pembelajaran sebagian peserta didik berminat mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam terlihat pada saat ekspresi peserta didik menyukai pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan keaktifan peserta didik, tetapi masih ada yang masih malas mendengar dan memperhatikan guru pada saat proses pembelajaran. Faktor yang mempengaruhi minat siswa salah satunya adalah faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa, seperti kesehatan jasmani dan faktor eksternal yang berasal dari luar diri siswa, seperti faktor fasilitas sekolah dan faktor keluarga, yaitu kurangnya dorongan dari orangtua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Agus Salim Daulay, M.Ag. dan Dra. Rosimah Lubis, M.Pd |
Keywords: | Minat peserta didik; Pembelajaran PAI |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 01:55 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 01:55 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7299 |
Actions (login required)
View Item |