Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru bidang studi fikih dalam proses belajar mengajar di MAN 2 Padang Lawas

Harahap, Anisa Fitri (2021) Strategi guru bidang studi fikih dalam proses belajar mengajar di MAN 2 Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520100086.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Proses belajar mengajar pada setiap lembaga pendidikan pasti pernah mengalami adanya peningkatan dan juga penurunan kualitas pendidikan. Hal itu, tidak lain dilatar belakangi kemampuan guru bidang studi di lembaga pendidikan tersebut dalam menggunakan strategi belajar mengajar di kelas. Guru bidang studi Fikih harus mampu dalam melaksanakan dan menggunakan strategi dalam pembelajaran agar tujuan pembelajaran yang dimaksud dapat dicapai dengan baik dan efektif serta maksimal. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian adalah terkait dengan bagaimana perencanaan guru Fikih dalam proses belajar mengajar di MAN 2 Padang Lawas? Dan bagaimana pelaksanaan guru Fikih dalam proses belajar mengajar di MAN 2 Padang Lawas? Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan guru Fikih dalam proses belajar mengajar di MAN 2 Padang Lawas, dan pelaksanaan guru Fikih dalam proses belajar mengajar di MAN 2 Padang Lawas. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipan dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data dengan melihat tahapan-tahapan pengelolaan data yang dilaksanakan dalam penelitian. Perencanaan guru Bidang Studi Fikih dalam proses belajar mengajar adalah dengan membuat perangkat pembelajaran seperti silabus, prota, prosem dan RPP, menetapkan tujuan pembelajaran yang ditetapkan secara bersama antara guru Bidang Studi terkait dengan Kepala Madrasah, mempersiapkan metode dan media/alat ajar sehingga proses belajar mengajar tetap berjalan dengan baik dan pengembangan bahan serta materi ajar yaitu dengan mencari bahan ajar pendukung untuk meningkatkan pemahaman siswa seputar materi yang diajarkan. Pelaksanaan guru Bidang Studi Fikih dalam proses belajar mengajar dapat diklasifikasikan: Pertama, kegiatan pra proses belajar mengaja yaitu dengan mengucapkan salam dan pengabsenan kehadiran siswa. Kedua, kegiatan awal proses belajar mengajar yaitu dengan memberikan motivasi, berdo’a dan bertanya jawab seputar materi ajar sebelumnya. Ketiga, kegiatan inti proses belajar mengajar yaitu dengan memperhatikan situasi dan kondisi siswa, penerapan metode ajar dengan menggabukan beberapa metode dalam satu materi ajar. Keempat, kegiatan akhir proses belajar mengajar yaitu dengan bertanya jawab seputar materi ajar yang telah dijelaskan, memberikan motivasi, pengabsenan, pemberian tugas dan menutup proses belajar mengajar dengan hamdalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Samsuddin, M.Ag. dan Hamidah, M.Pd
Keywords: Strategi guru fikih; Proses belajar mengajar; MAN 2 Padang Lawas
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 15 Dec 2021 02:51
Last Modified: 15 Dec 2021 02:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7292

Actions (login required)

View Item View Item