Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Konsep pendidikan anak menurut Al-Quran (tafsir kontemporer)

Hasibuan, Azhar Mahmud (2021) Konsep pendidikan anak menurut Al-Quran (tafsir kontemporer). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100180.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Konsep merupakan sebuah ide maupun gagasan yang dimunculkan oleh seseorang untuk dipelajari oleh orang lain. Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh sekelompok orang maupun yang diberikan tanggung jawab dalam menjalankannya berdasarkan kemauan dan kesesuaian dengan harapan yang ingin diperoleh. Sedangkan sasaran dari pendidikan tersebut adalah anak. Dalam menjalankan sebuah ide tersebut dalam proses pendidikan anak tentu tidak bisa lepas dari sumber utama ajaran Islam itu sendiri, yaitu al-Qur’an dan penjelasan mengenai isi al-Qur’an membutuhkan ilmu tafsir al-Qur’an, salah satunya kitab tafsir kontemporer. Dengan demikian, rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu apa saja pendidikan anak menurut al-Qur’an dan bagaimana pendapat mufassir kontemporer dalam menafsirkan ayat al-Qur’an tentang pendidikan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apa saja pendidikan anak menurut al-Qur’an dan pendapat mufassir kontemporer dalam menafsirkan Qur’an tentang pendidikan anak. Kegunaan penelitian ini secara teoritis, dapat menyumbangkan khazanah intelektual Islam dalam pendidikan Islam. Secara praktis, berguna bagi para pembaca umumnya. Jenis penelitian ini secara metodologis adalah kepustakaan (library research) dengan tehnik pengumpulan data dengan dokumentasi. Sumber data terdiri dari primer dan sekunder. Sedangkan analisa data yang digunakan adalah dengan metode tafsir maudhu’iy, hal ini karena penelitian ini termasuk dalam penelitian ayat-ayat pendidikan mengenai pendidikan anak. Hasil penelitian ini adalah pendidikan anak menurut al-Qur’an terdapat pada unsur pendidikan fisik, intelektual, tauhid dan ibadah, serta menurut mufassir kontemporer tersebut betapa pentingnya pendidikan fisik dengan larangan membunuh anak yang masih dalam kandungan serta penyapihan sempurna selama dua tahun penuh dan menafkahi serta melindunginya. Pendidikan intelektual mengarahkan kepada anak yang sudah baligh terhadap kemampuan berpikir dengan mengetahui hak dan kewajiban serta bersopan santun di dalam keluarga serta mengembangkan kemampuan dalam memecahkan suatu masalah. Pendidikan tauhid menekankan terhadap mengenal tuhan dan mengetahui konsekuensi jika menyekutukan-Nya, serta mengakui bahwa Tuhan yang pantas disembah hanyalah Allah Swt., dan Pendidikan Ibadah menekankan agar anak mendirikan sholat, memperbuat yang baik dan meninggalkan yang buruk serta memiliki sikap kesabaran yang dapat memudahkan dan menolong dalam melaksanakan ibadah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan H. Ismail Baharuddin, MA
Keywords: Konsep; Pendidikan; Anak; Al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 15 Dec 2021 02:36
Last Modified: 15 Dec 2021 02:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7290

Actions (login required)

View Item View Item