Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Studi perbedaan kemampuan siswa kelas X MAN 1 Padangsidimpuan berdasarkan latar belakang pendidikan

Ritonga, Ali Muslim (2018) Studi perbedaan kemampuan siswa kelas X MAN 1 Padangsidimpuan berdasarkan latar belakang pendidikan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 201 00078.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Setiap seseorang muslim berbeda kemampuan dalam membaca ayat Al-Qur’an,anak-anak, remaja, dewasa, begitu juga siswa/siswi MAN 1 Padangsidimpuan. Maka muncul permasalahn di MAN 1 Padangsidimpuan bahwa beberapa orang siswa masih kurang mampu dalam membaca ayat Al-Qur’an terutama siswa yang tamatan SMP. Hal ini dapat dilihat dari jam pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP hanya 2 x 40 menit perminggu. Adapun rumusan masalah pnelitian ini adalah bagaimana kemampuan membaca ayat alqur-an siswa kelas x MAN 1 Padangsidimuan yang bersala dari pesantren, smp, dan perbedaannya.pebelitian ini bertujuan untuk mengetahui kmampuan siswa tamatan pesantren, smp, dan perbedaannya.penelitian ini berguna untuk bahan bacaan, masukan, menambah wawasan, dan sebagai syarat mencapai gelas Sarjana Pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca al-qur’an siswa tamatan Pesantren dan Smp dan sekaligus ingin mengetahui perbedaannnya, dan penelitian ini sebagai bahan bacaan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu Al-Qur’an, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori teori yang berkaiatan dengan kemampuan membaca Al-Qur’an, dengan dilatar belakangi pendidikan Penelitian yang dilaksanakan adalah dengan menggunakan metode kuantitatif lapangan yang berbentuk komparasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Padangsidimpuan. Adapun sampel penelitian ini adalah sebanyak 14 orang siswa yang terdiri dari 7 orang siswa yang berasal dari pesantren dan 7 orang siswa yang berasal dari SMP. Maka untuk mengetahui hasil atau kebenaran permasalahan dalam penelitian ini, penulis menggunakan instrument pengumpulan data berupa uji tes membaca ayat Al-Qur’an. Sedangkan untuk pengelola dan menganalisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji Tes “t”. Dari data di atas diketahui bahwa kemampuan siswa tamatan pesantren skor tertinggi yang diproleh responden adalah 19 dan skor terendah 14. Nilai rata-rata ( mean ) sampel ke-1 dari hasil perhitungan diproleh 16,71, standar deviasi 1,70, varians 2,99, dan nilai korelasi 0,70. Dari data di atas diketahui bahwa kemampuan siswa tamatan smp skor tertinggi yang diproleh responden adalah 18 dan skor terendah 14. Nilai rata-rata ( mean ) sampel ke-1 dari hasil perhitungan diperoleh 16,42, standar deviasi 1,50, varians 2,37, dan nilai korelasi 0,70. Dari perhitungan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa t hitung pada taraf 5 % berdasarkan kutipan diatas dapat diketahui bahwa hipotesis penelitian ini tidak terbukti memilki perbedaan yang signifikan . hal ini berdasarkan perhitungan yang diproleh dari nilai t hitung sebesar -0,33 sedangkan t tabel sebesar 0,05 t tabel ≥ t hitung ≥ + t tabel maka Ho diterima Ha ditolak. Dapat disimpulkan t hitung lebih kecil dari t tabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan membaca al-qur'an; Pesantren; SMP
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040308 Islamic Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 20 Apr 2020 07:34
Last Modified: 20 Apr 2020 07:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/729

Actions (login required)

View Item View Item