Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya Meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode role playing pada materi makananku sehat dan bergizi di kelas IV SD Negeri 114340 Pekan Tolan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Rambe, Rukiyah Albina (2021) Upaya Meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode role playing pada materi makananku sehat dan bergizi di kelas IV SD Negeri 114340 Pekan Tolan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini disebabkan oleh proses pembelajaran IPA pada saat pembelajaran berlangsung siswa terlihat pasif sehingga hasil belajar siswa rendah terlihat bahwa dari 24 total jumlah siswa terdapat 9 siswa yang tuntas dengan persentase 37,5% dan terdapat 15 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 62,5% berdasarkan persentase tersebut terdapat lebih banyak siswa yang berada dibawah kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Upaya yang dilakukan peneliti dalam menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan metode Role Playing pada materi makananku sehat dan bergizi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode role playing pada siswa kelas IV SD Negeri 114340 Pekan Tolan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode role playing pada siswa kelas IV SD Negeri 114340 Pekan Tolan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus diadakannya dua kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan/ tindakan (action), pengamatan/ observasi (observation), dan refleksi (reflection). Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan metode role playing. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil tes awal, hasil tes siklus I sampai siklus II. Dimana, pada tes awal nilai rata-rata siswa 64,41 kemudian pada siklus I nilai rata-rata siswa 68,02 menjadi 74,68 pada siklus II dari 82,73 menjadi 89,12. Persentase hasil belajar siswa yang tuntas pada tes awal 25% kemudian meningkat pada siklus I dari 37,5% menjadi 50%, pada siklus II dari 66,7% menjadi 87,5%. Persentase siswa yang tidak tuntas pada tes awal 75%, siklus I dari 62,5% menjadi 50% dan siklus II dari 33,3% menjadi 12,5%. Sesuai dengan indikator tindakan pada skripsi ini, dimana siswa sudah melewati nilai rata-rata 75 yaitu 89,12 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 87,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Syafrilianto, M.Pd
Keywords: Hasil belajar siswa; Metode role playing; Makananku sehat dan bergizi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 15 Dec 2021 02:24
Last Modified: 15 Dec 2021 02:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7288

Actions (login required)

View Item View Item