Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh biaya distribusi dan biaya promosi terhadap penjualan pada PT. Tri Bayan Tirta Tbk periode 2012- 2019

Sari, Sri Ulan (2021) Pengaruh biaya distribusi dan biaya promosi terhadap penjualan pada PT. Tri Bayan Tirta Tbk periode 2012- 2019. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640200102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Peningkatan penjualan perusahaan tentu harus menentukan sistem dan strategi yang tepat untuk dapat bersaing dengan perusahaan lainnya, yaitu dengan menentukan penggunaan biaya distribusi dan biaya promosi yang tepat agar dapat meningkatkan penjualan pada perusahaan. Biaya distribusi dan biaya promosi pada PT. Tri Bayan Tirta Tbk mengalami kenaikan pada tahun 2014- 2016 dan penjualannya mengalami penurunan, dan sebaliknya pada tahun 2016- 2019 biaya distribusi mengalami penurunan dan penjualan meningkat. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh biaya distribusi dan biaya promosi terhadap penjualan pada PT. Tri Bayan Tirta Tbk.Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh biaya distribusi dan biaya promosi pada PT. Tri Bayan Tirta Tbk. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan ilmu akuntansi keuangan khususnya dalam fokus akuntansi biaya dan manajemen keuangan. Dimana dalam penelitian ini akan dibahas mengenai biaya distribusi dan biaya promosi dan pengaruhnya terhadap penjualan. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 sampel dengan teknik pengumpulan data yang diguakan adalah studi kepustakaan dan dokumentasi. Data diolah dengan menggunakan program SPSS Versi 23 dengan melakukan uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heterokedastisitas, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh biaya distribusi dan biaya promosi secara parsial terhadap penjualan pada PT. Tri Bayan Tirta Tbk. Secara simultan terdapat pengaruh biaya distribusi dan biaya promosi terhadap penjualan, dan pengaruh biaya distribusi dan biaya promosi terhadap penjualan sebesar 76 persen dan sisanya sebesar 24 persen dipengaruhi oleh variabel lain di luar dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Kamaluddin, M.Ag dan Zulaika Matondang, S.Pd., M. Si
Keywords: Biaya distribusi; Biaya promosi; Penjualan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 14 Dec 2021 08:05
Last Modified: 14 Dec 2021 08:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7283

Actions (login required)

View Item View Item