Harahap, Ema Wahyuni (2021) Hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar matematika siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1720200013.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai siswa dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya, ketidakmampuan guru dalam mengetahui karakteristik siswa. Setiap siswa memiliki pola belajar yang berbeda-beda, ada yang lebih paham ketika melihat, ada pula hanya dengan mendengar maka ia akan paham. Berbedanya pola belajar siswa tersebut prestasi belajar yang diperoleh juga akan berbeda. Rumusan masalah dalam penelitian ini, Apakah ada hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan? Bagaimana tingkat hubungan gaya belajar dengan prestasi Matematika siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan? Berapa kontribusi gaya belajar yang mampu meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eks post facto. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuanlitatif dengan mengolah dan mengambil kesimpulan dari data-data yang dikumpul dan diuji dengan validitas dan reabilitas kemudian uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ada hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan menunjukkan bahwa r hitung > r tabel (0,416>0,312), tingkat hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar matematika siswa termasuk dalam kategori kuat dengan r hitung sebesar 0,416, dan kontribusi gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa sangat rendah dengan KD (Koefisien Determinan) sebesar 17,30%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd |
Keywords: | Gaya belajar; Prestasi belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 08:00 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 08:00 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7282 |
Actions (login required)
View Item |