Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan jasa pada PT. POS Indonesia Nanggarjati Hutapadang Kecamatan Arse

Sihombing, Rika Rani (2021) Analisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan jasa pada PT. POS Indonesia Nanggarjati Hutapadang Kecamatan Arse. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200131.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah mengenai tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan jasa pada PT. Pos Indonesia nanggarjati Hutapadang, Kecamatan Arse, dimana banyaknya jumlah perusahaan yang beredar dibidang pengiriman barang dan jasa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di PT. Pos Indonesia Nanggarjati Hutapadang Kecamatan Arse. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan atau konsumen itu sendiri sebagai pengguna pelayanan jasa kantor pos Nanggarjati Hutapadang yang berada di Kecamatan Arse, Kabupaten Tapanuli Selatan.Dengan beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan yaitu: kualitas produk, kualitas pelayanan, emosional, harga dan biaya. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif . Metode penelitian ini menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi dengan jumlah responden 91 pelanggan PT. Pos Nanggarjati dengan menggunakan analisis uji validitas, uji reabilitas, uji statistik deskriftif, uji normalitas, uji linear, uji koevisien determinasi R2 , ujit dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan, dalam uji t diketahui thitung sebesar 8,595 dan ttabel sebesar 1,986, dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05 maka artinya terdapat pengaruh secara varsial terhadap variabel terikat. Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 0,754 yang artinya antara variabel kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan pada PT. Pos Indonesia Nanggarjati Hutapadang memiliki hubungan yang kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, SHI, M.Si dan Azwar Hamid, M.A.
Keywords: Kepuasan; Pelanggan; Pelayanan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 14 Dec 2021 07:04
Last Modified: 14 Dec 2021 07:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7273

Actions (login required)

View Item View Item